Analisa dan Peningkatan Kualitas Layanan dari Departemen Pembelian di Perusahaan Minyak dan Gas (Studi Kasus: PT.A)

Wahyudi, Hendra (2017) Analisa dan Peningkatan Kualitas Layanan dari Departemen Pembelian di Perusahaan Minyak dan Gas (Studi Kasus: PT.A). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
9115201714_Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. A adalah Perusahaan Minyak dan Gas yang beroperasi di Indonesia, bekerja sama dengan pemasok untuk melakukan kegiatannya melalui kontrak kerjasama. Pengguna menggunakan kontrak melalui Divisi Kontrak dan Pengadaan menentukan kebutuhan akan barang dan jasa. Tujuan dari Divisi C&P adalah untuk memuaskan pengguna melalui pernyataan: "Menyediakan Barang dan Jasa dengan biaya optimal, untuk mencapai operasi yang efektif, efisien dan kepuasan pelanggan". Merujuk dari hasil Customer Satisfaction Survey; Kualitas layanan Departemen Pembelian adalah 68%, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan memperbaiki Kualitas Pelayanan Departemen Pembelian. Dalam penelitian ini, ada 3 kesenjangan terbesar yang mempengaruhi kepuasan pengguna yang telah diidentifikasi: Proses pengadaan yang tercantum dalam kerangka bisnis; Pengetahuan terapan pada operasi OG dalam proses pengadaan; Proses pengadaan yang cepat. Untuk memperbaiki kesenjangan, ada 11 respon teknis sebagai prioritas yang berpotensi meningkatkan kepuasan kualitas layanan, seperti: Melakukan rapat DUET secara regular, Meninjau ulang tujuan pembelian, Spesifikasi PR yang jelas, Melakukan penilaian kompetensi staf C&P, Sosialisasi peraturan terkait, Berbagi pengetahuan (Contact), Meningkatkan kehandalan tim compliance, Melakukan studi lapangan, Mengeluarkan rencana pembelian, Melakukan pelatihan secara regular ke buyer, Memanfaatkan dan meningkatkan REX +, Ensiklo. Setelah mendapat prioritas respons teknis, dengan menggunakan prinsip Altshuller, untuk memperbaiki respons teknis, dengan mempertimbangkan aspek perbaikan dan dampak buruknya dari prinsip Altshuller tersebut. Tindakan perencanaan perbaikan ini direkomendasikan untuk dapat diterapkan dan dipantau secara ketat dan sesuai tujuannya, untuk memperbaiki Layanan Mutu Departemen Pembelian. =================================================================== PT. A is the Oil and Gas Company operated in Indonesia, works with the supplier to do the operations thru contracts agreement. The user, who uses the contract thru Contract and Procurement Division, drive the needs of the service or material. C&P Division objective is to satisfy the users thru the statement: "To provide Goods and Services at optimal cost, in order to achieve effective, efficient operations and customer satisfaction". Refer to the Customer Satisfaction Survey; Purchasing Department's service quality is 68%, therefore this study intends to analyze and to improve Service Quality of Purchasing Department. In this research, there are 3 top biggest gaps effecting the users' satisfaction that identified: The procurement process already included in the business framework; Knowledge on Know-How on the operation in OG applied in the procurement process; Fastest procurement lead-time. To improve the gap that identified, there are 11 technical response as priority that potentially bring up service quality satisfaction, such as: Conduct regular DUET meeting, Review of purchasing objective, Clear specification of PR, Conduct C&P staff competency assessment, Socialization of related regulation, Sharing Knowledge (Contact), Enhance Procurement Compliances, Survey/Visit Field/Workshop/Supplier premises, Issue procurement planning, Regular training for Purchase Engineer, Utilize and enhance REX+, Ensiklo. After having the technical response priorities, using Altshuller’s principles, to improve the technical response, considering the aspect of improving and worsening from those Altshuller’s principles. These actions plan for improvements are recommended to be implemented and to be closely monitor and recommence to its objective, in order to improve the Service Quality of Purchasing Department.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Oil and Gas, Contract and Procurement, River Model, SERVQUAL, QFD, TRIZ.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Hendra wahyudi
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:08
Last Modified: 06 Mar 2019 02:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47386

Actions (login required)

View Item View Item