Analisis Hambatan dan Seakeeping Akibat Pengurangan Kecepatan Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang pada Kapal Tanker

Megaputra, Bintang Hutama (2017) Analisis Hambatan dan Seakeeping Akibat Pengurangan Kecepatan Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang pada Kapal Tanker. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4112100006-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan kapal sebagai salah satu transportasi terbilang cukup banyak sehingga menjadikan salah satu penghasil emisi gas terbesar. Salah satu metode untuk mengurangi tingkat emisi gas yang dihasilkan yaitu dilakukan pengurangan kecepatan kapal. Tugas Akhir ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh pengurangan kecepatan kapal untuk mengurangi tingkat emisi gas buang terhadap hambatan dan seakeeping pada kapal tanker. Dengan melakukan pengurangan kecepatan, perlu dilakukan perhitungan mengenai hambatan dan seakeeping. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan aplikasi CFD (ComputationalFluidDynamic) pada perairan dalam. Dari hasil analisis, didapatkan pengurangan kecepatan sebesar 1,86 knot menjadi 9,14. Dengan adanya pengurangan kecepatan, nilai hambatan kapal berkurang sebesar 38,53% dari 103,256 kN pada kecepatan 11 knot menjadi 63,471 kN pada kecepatan 9,14 knot. Perhitungan seakeeping pada kecepatan 9,14 knot menghasilkan nilai respon yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai respon pada kecepatan 11 knot, respon gerakan roll pada sudut hadap gelombang 45o terjadi pengurangan sebesar 2%, respon gerakan pitch pada sudut hadap gelombang 0o terjadi pengurangan sebesar 28,09%, dan respon gerakan heave pada sudut hadap gelombang 90o terjadi pengurangan sebesar 7,06%. Simulasi seakeeping dilakukan pada sudut hadap gelombang 0o, 45 o, 90 o, 135 o, dan 180 o dan 3 derajat kebebasan (roll, pitch, dan heave). Sedangkan dalam perhitungan tingkat emisi gas buang berdasarkan resolusi MEPC.212(63), dengan pengurangan kecepatan tersebut tingkat emisi gas buang berkurang sebesar 16,91% dari 16,763 gmCO2/ton.mile pada kecepatan 11 knot menjadi 13,928 gmCO2/ton.mile pada kecepatan 9,14 knot. =============================================================================================== The use of ships as one of transportation is quite a lot to make one of the biggest gas emitters. One method to reduce the level of emissions of gas is the reduction of ship speed. This Final Project has a purpose to analyze the effect of ship speed reduction to reduce gas emission level againstresistance and seakeeping on tanker. By reducing the speed, the ship does not have to wait for every loading and unloading process. By reducing the speed,it is necessary to calculate the resistance and seakeeping. The calculation is done by using application of CFD (Computational Fluid Dynamic) in deep water. From the analysis results, obtained a reduction in speed of 1.86 knots to 9.14. With the reduction of speed, the value of ship resistance is reduced by 38.53% from 103,256 kN at 11 knots to 63,471 kN at a speed of 9.14 knots. The calculation of seakeeping at a speed of 9.14 knots produce a lower response value than the response rate at 11 knots, the roll response at 45oheading angle occurred 2% reduction, the pitch response at 0oheading angle occurred 28,09% reduction, and the heave response at 90oheading angle occurred 7.06% reduction. Seakeeping simulations are performed at the heading angles of 0o, 45o, 90o, 135o, and 180o and 3 degrees of freedom (roll, pitch, and heave). While in the calculation of exhaust emission level based on resolution MEPC.212(63), with the reduction of the speed the exhaust gas emission level decreased by 16.91% from 16.763 gmCO2 / ton.mile at 12 knots to 13,928 gmCO2 / ton.mile at a speed of 9.14 knots.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe Meg a-1
Uncontrolled Keywords: CFD, EEDI, Hambatan, Seakeeping
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bintang Hutama Megaputra
Date Deposited: 20 Dec 2017 06:29
Last Modified: 06 Mar 2019 02:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47420

Actions (login required)

View Item View Item