Kajian Eksperimental dan Numeris Hambatan Kapal Crew Boat "Orela" dengan Variasi Posisi Foil Belakang di Arah Vertikal

Siregar, Sulowes (2017) Kajian Eksperimental dan Numeris Hambatan Kapal Crew Boat "Orela" dengan Variasi Posisi Foil Belakang di Arah Vertikal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4113100029-Undergraduate_Theses.pdf] Text
4113100029-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kapal crew boat digunakan untuk keperluan logistik dan juga antar jemput pekerja
lepas pantai (offshore). Penambahan foil belakang (hull vane) pada kapal crew boat “Orela”
terbukti dapat mengurangi hambatan kapal yang berujung kepada peningkatan performa kapal
atas pertimbangan kecepatan, waktu tempuh, dan konsumsi bahan bakar kapal. Untuk
mendapatkan pengurangan hambatan kapal yang optimum maka dilakukan pengujian kapal
dengan foil belakang dengan variasi posisi diarah vertikal, yaitu kedalaman 1,5 T, 1 T, dan 0,75
T dari permukaan air. Jenis foil belakang dan strut yang digunakan sama dengan seri airfoil
yang sebelumnya yaitu foil belakang menggunakan NACA seri 6 yaitu NACA 641212 dan
strutnya menggunakan NACA seri 4 yaitu NACA 0010. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
pada kecepatan relatif rendah, penggunaan foil belakang menambah hambatan kapal. Pada
kedalaman foil 1,5 T, 1 T, 0,75 T, masing-masing terjadi peningkatan hambatan sebesar 56,81
%, 30,5 % dan 9,04 % pada kecepatan 14 knot (Fn = 0,364). Pada kecepatan relatif tinggi,
penggunaan foil belakang mengurangi hambatan kapal. Pada kedalaman foil 1,5 T, 1 T, 0,75
T, masing-masing terjadi pengurangan hambatan sebesar 0,87 %, 2,37 %, dan 5,08 % pada
kecepatan kapal 24 knot (Fn = 0,623).
=============================================================================================
Crew Boat is used for logistic purpose and to deliver or pick up offshore workers. The
application of hull vane in crew boat approved in reducing the total resistance of the ship which
lead to the increasing in ship’s performance. To obtain the optimum reduction of resistance,
then conducted experimen of ship’s with vertical position variations of hull vane, namely 1.5
T, 1 T, and 0.75 T measured from water surface. The foil series used in hull vane and it’s strut
are NACA 641212 and NACA 0010 based on the previous research. The application of hull
vane in relatively low speed increase the total resistance of the ship. Each positions 1.5 T, 1 T,
0.75 T, give the addition of resistances by 56.81 %, 30.5 % and 9.04 % in speed 14 knots (Fn
= 0.364). In relatively high speed the application of hull vane decrease the total resistance of
the ship. Each positions 1.5 T, 1 T, and 0.75 T, give the reduction of resistance by 0.87 %, 2.37
%, and 5.08 % in speed 24 knots (Fn = 0.623).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Crew Boat, CFD (Computational Fluid Dynamics), foil belakang, hambatan total, hull vane, total resistance
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sulowes Siregar
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:32
Last Modified: 09 Jan 2018 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47493

Actions (login required)

View Item View Item