Pembuatan Tata Kelola Manajemen Insiden dengan Framework ITIL 2011 untuk Mendukung Kualitas Layanan Teknologi Informasi pada PT. Trias Sentosa Tbk

Widodo, Riky Sulistyo (2017) Pembuatan Tata Kelola Manajemen Insiden dengan Framework ITIL 2011 untuk Mendukung Kualitas Layanan Teknologi Informasi pada PT. Trias Sentosa Tbk. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9114205317-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
9114205317-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, keberadaan Teknologi informasi menjadi sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk mendukung performa bisnisnya, dan juga untuk memenangkan persaingan. Diantaranya adalah penerapan ERP yang mengatur semua proses bisnis dari hulu sampai ke hilir. Dapat dibayangkan jika dalam proses tersebut terhenti dikarenakan terjadi sebuah insiden kerusakan perangkat teknologi informasi. Terhambatnya atau bahkan sampai terhentinya rantai proses bisnis akan mengakibatkan kerugian yang significant bagi perusahaan. Karena jika perusahaan tidak dapat memenuhi kebutuhan pasar, customer akan berpindah ke perusahaan atau produk kompetitor. Secara tidak langsung perusahaan akan kehilangan market share. Yang berdampak pada menurunnya keuntungan jangka panjang perusahaan.
Pembuatan tata kelola manajemen insiden untuk mendukung layanan teknologi informasi pada PT Trias Sentosa Tbk, menggunakan studi literatur framework ITIL. Analisa dilakukan untuk mengetahui gap tata kelola manajemen insiden yang sudah ada dengan tata kelola manajemen insiden yang diharapkan, yang kemudian mengembangkan dokumen prosedur terstandar sesuai framework ITIL.
Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa nilai assesment masih dibawah standar framework ITIL, sehingga disusun rekomendasi-rekomendasi yang bertujuan untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Rekomendasi juga dilengkapi dengan outcome measure dan performance indicator serta draft dokumen kebijakan tata kelola manajemen insiden yang akan menjadi standar acuan dalam penanganan insiden. Menyelesaikan insiden secara efektif, dalam waktu yang singkat, serta mengurangi dampak negatif terhadap bisnis perusahaan.
=================================================================
At this time, the existence of information technology is very important in a company to support its business performance, and also to win the competition. Among them is the ERP application that manages all business processes from upstream to downstream. Conceivably, if the process stalled due to an incident of damage information technology devices. Delays or even until the cessation of the business process chain will make significant losses for the company. Because if the company can not fulfill the market needs, the customer will move to the company or the products of competitors. Indirectly the company will lose market share. Which decrease the long-term profitability of the company.
Making the governance of incident management for the support of information technology services to the PT Trias Sentosa Tbk, using ITIL framework study literature. An analysis was conducted to find out the gaps in existing incident management governance with expected incident management governance, which then developed standardized procedural documents according to the ITIL framework.
From the results of this study, it is known that the assessment value is still below the standards of the ITIL framework, so that the recommendations are designed to achieve the expected conditions. Recommendations are also supplemented by outcome measure and performance indicator and draft of incident management governance policy document that will become the reference standard in incident handling. Resolve the incident effectively, in a short time, and reduce the negative impact on the company's business.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Insiden, Kualitas Layanan TI, ITIL Framework, Incident Management, Quality IT Services
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Business and Management Technology > Management Technology
Depositing User: Riky . .
Date Deposited: 15 Dec 2017 04:17
Last Modified: 06 Mar 2019 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47561

Actions (login required)

View Item View Item