Perancangan Website Sidoarjo Tourism dengan Tema Travel Blog sebagai Media Promosi Objek Wisata Kabupaten Sidoarjo

Irianty, Andini Nurma (2017) Perancangan Website Sidoarjo Tourism dengan Tema Travel Blog sebagai Media Promosi Objek Wisata Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3412100034-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten yang memiliki peranan penting dalam pembangunan Jawa Timur. Keberhasilan Sidoarjo dalam pembangunan di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian dan peternakan tidak di ikuti oleh pembangun di sektor pariwisata padahal menurut observasi yang telah dilakukan, sidoarjo memiliki beberapa wisata yang layak untuk dipromosikan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (2015) tentang peningkatan jumlah wisatawan tidak signifikan cenderung lambat dalam 5 tahun terakhir bahkan peningkatan pada tahun 2014 lebih rendah daripada tahun sebelumnya yaitu sebesar 0,75%. Faktor yang menyebabkan adalah minimnya sosialisasi mengenai potensi wisata sidoarjo dan media web sebagai media promosi utama dinilai kurang menarik dan persuasif karena desain yang digunakan mengikuti standart pemerintah, tidak terdapat fitur yang mempermudah dalam kegiatan berwisata dan tidak detail dalam penyajian informasi. Melihat permasalahan tersebut, maka perlu adanya media yang mampu memberikan ketertarikan dan informasi terhadap wisatawan asing maupun lokal. Beberapa metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah metode observasi mengenai kelebihan dan kekurangan objek wisata Sidoarjo, metode depth interview mengenai penulusuran masalah dengan kabid pariwisata Sidoarjo, wisatawan dan pengelola objek wisata setempat, metode kuesioner mengenai desain, fitur dan konten yang akan disajikan dalam website, metode studi literatur pada buku, jurnal maupun sumber-sumber terkait, serta metode studi eksisting yang dilakukan kepada website yang sudah ada untuk menambah referensi pada proses perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah media promosi objek wisata Kabupaten Sidoarjo berupa desain website yang mengusung tema travel blog dan didukung oleh fitur itinerary dan gaya desain parallax effect. Travel blog adalah salah satu bentuk promosi yang menggunakan konsep berbagi pengalaman berwisata. Fitur itinerary adalah fitur yang berfungsi untuk membantu user atau wisatawan dalam membuat rencana perjalanan dalam berwisata, baik dari perencanaan waktu, biaya, transportasi, dan penginapan. Kombinasi travel blog dengan fitur itenarary disajikan dalam desain parallax effect yaitu desain yang menampilkan kesan kreatif dengan perbedaan kecepataan pergeseran antara objek tertentu dengan objek lainnya. Website ini diharapkan mampu meningkatkan minat berwisata dan informasi terhadap wisatawan asing maupun lokal. ==================================================================================================== Sidoarjo is one of the districts that have an important role in the development of East Java. The success of Sidoarjo in development in various sectors such as industry, trade, agriculture and livestock are not followed by builders in the tourism sector according to the observations that have been made, sidoarjo has some tours worthy to be promoted. Based on data obtained from Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Sidoarjo (2015) on the increase in the number of tourists is not significant in the last five years increased in the year 2014 lower than the previous year that is equal to 0.75%. Factors that cause is the lack of socialization about sidoarjo tourism potential and web media as the main promotional media that is less interesting and persuasive because of the design used in the government standard, no features are in the activity and no details in the presentation of information. Seeing this, it is necessary that the media is able to provide interest and information to foreign and local tourists. Some methods used to solve this are observation methods about the advantages and disadvantages of Sidoarjo tourism object, the method of interviewing about the problem with the tourism Sidoarjo, tourist and manager of tourism object, choice and content to be presented in website, source method and method, and Existing methods that are done to existing websites to add a reference to the design process. The result of this design is the promotion media of tourism object of Sidoarjo regency which design website which carry the theme of travel blog and supported by itinerary and parallax effect design. Travel blog is one form of promotion that uses the concept of sharing experiences both in terms of transportation, costs, things to be prepared, things to do in the sights and things that should not be missed tourists. Itinerary feature is a feature that serves to help users or travelers in the process of traveling, whether from planning time, cost, transportation, and lodging. The combination of blog trip with itenarary feature is presented in parallax effect design that is design that show creative impression with difference velocity between certain object with other object. This website is expected to increase the interest of tourists and information to foreign and local tourists.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP Iri p-1
Uncontrolled Keywords: website, sidoarjo tourism, travel blog
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Irianty Andini Nurma
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:50
Last Modified: 19 Jan 2018 03:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47626

Actions (login required)

View Item View Item