Perancangan Kampanye Bagi Calon Wajib Pajak Mahasiswa

Aldyguna, Prayodi Bagus (2017) Perancangan Kampanye Bagi Calon Wajib Pajak Mahasiswa. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100107-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3413100107-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jumlah pembayar pajak yang kecil serta rendahnya sosialisasi dan kesadaran menyebabkan penurunan penerimaan pajak dari tahun ke tahun. Pajak sendiri merupakan sumber penerimaan negara terbesar yang akan digunakan untuk pembangunan nasional. Langkah yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah dengan menyasar mahasiswa untuk menjadi wajib pajak agar mampu meningkatkan angka pembayar pajak serta meningkatkan kesadaran pajak. Untuk membuat mahasiswa sadar dan melakukan kegiatan perpajakan, maka dirancanglah sebuah kampanye untuk calon wajib pajak mahasiswa dengan strategi dan media yang sesuai dengan pasar dan preferensi audiens
Perancangan kampanye ini dilakukan dengan berbagai metode. Tinjauan pustaka untuk mendapatkan teori yang dijadikan sebagai panduan dalam membuat kampaye dan pesan utama serta beberapa kriteria kampanye yang telah diterima dan sukses di pasar. Wawancara dan eksperimental terhadap DJP untuk mendapatkan brief yang disertakan dalam pesan utama. Wawancara dengn ahli media untuk mendapatkan teknis/kriteria media yang sesuai dengan pasar. Kuisener dan wawancara terhadap mahasiswa untuk mendapatkan preferensi serta insight yang dapat membantu dalam pembuatan pesan kampanye yang efektif. Semua metode ini dianalisa untuk menemukan konsep/pesan utama yaitu “ngE-REGis fanTAXtis”.
Konsep/pesan utama disampaikan dengan gaya komunikasi yang sudah ditentukan melalui riset. Pesan utama ini akan disajikan dalam bentuk visual melalui media seperti video animasi dan poster digital/web banner serta akan disalurkan melalui media sosial dan online. Setelah konsep visual terselesaikan, selanjutnya adalah menempatkan strategi dalam tenggat waktu tertentu. Diharapkan kampanye ini mampu mengajak dan memotivasi mahasiswa untuk mendaftar menjadi WP, sehingga membantu meningkatkan angka WP serta penerimaan pajak iu sendiri

=================================================================================

The small amount of taxpayer and, tax socialization and awareness, contribute to the decline of tax revenue in every year. Tax itself is the biggest source used for national development. One of the attempt done by the Directorate General of Tax (DJP) to solve those problem is to make college students a taxpayer, hence, increasing the amount of taxplayer,and eventually, tax awareness. A one specific campaign, with its own specific strategy and media and also based on the preferences of current market and user, is needed to make those college students to register and becoming a tax payer.
Many methods are used in the creation of this campaign. Literature Study is used to get theories about campaign, guidance in work, and to find successful and market-approved campaign criterias. Interview of stakeholder (DJP), to get the campaign brief. Interview of Media Expert, to get the market-approved media techniques. And finally, User Interview and Questionnaire, to get user’s preferences and insight. The results of all these methods are analyzed in order to find the main concept/message of this campaign, which is “ngEREGis fanTAXtis”.
The main concept/message will be told through certain communication style determined from earlier research. The main message will be presented through many medias, such as animation, digital poster and will be channeled through online and social media. After all of visual concepts are realized, next step will be arranging the strategy and timeline. Finally, it is expected that this campaign will be able to encourange and persuade college students, to register and becoming a new taxpayer, thus. Increasing the amount of taxpayer and eventually, the tax revenue.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: taxpayer, campaign, college students
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prayodi Bagus Aldyguna
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:38
Last Modified: 05 Mar 2019 07:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47628

Actions (login required)

View Item View Item