Alamsyah, Muhammad Auliya (2016) Analisi Computational Fluid Dynamic Terhadap Hambatan Crew Boat Dengan Penambahan Integrated Wedges-Flap. Undergraduate thesis, Institut Taknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4110100075-TA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Peran kapal crew boat sangat penting dalam berbagai operasi offshore. Untuk itu diperlukan performa hidrodinamis yang handal agar mendukung peran tersebut. Salah satu parameter performa hidrodinamis adalah hambatan kapal. Diperlukan hambatan kapal sekecil mungkin agar pemilik kapal mendapatkan keuntungan berupa pengurangan komsumsi bahan bakar. Untuk mengurangi hambatan dapat dilakukan dengan memasang ESD(Energy Saving Device). Banyak sekali jenis ESD yang dapat digunakan. Salah satunya adalah integrated wedges-flap(IWF). IWF merupakan pengembangan lebih lanjut dari stern wedges. Perbedaan yang mencolok antara stern wedges dan IWF adalah adanya flap yang dipasang setelah wedges. Dengan memasang IWF diharapkan memberikan keuntungan lebih dari penggunaan wedges sendiri dan flap sendiri. Cara kerja IWF adalah dengan menimbulkan tekanan ke atas hingga terjadi lift. Selain itu IWF juga dapat memperbaiki aliran pada buritan kapal sehingga lebih uniform. Pada penelitian ini penulis melakukan percobaan numerik dengan menggunakan bantuan CFD untuk membuktikan hal tersebut. Percobaan dilakukan pada empat model kapal yaitu kapal tanpa IWF, kapal dengan sudut IWF 4o,5o, dan 6o. Percobaan dilakukan dengan simulasi free surface dengan bantuan software ANSYS CFX. Lalu kemudian penulis menganalisis hasil dalam beberapa perspektif. Penulis melakukan analisis perbandingan nilai hambatan total pada kapal dengan dan tanpa IWF. Kemudian penulis melakukan analisis pengaruh sudut dari IWF. Selain itu analisis dilakukan pada pola distribusi tekanan dan pola aliran pada kapal yang diuji. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pengurangan hambatan kapal pada kapal dengan IWF saat kecepatan tinggi(Fr>0.4) dan terjadi penambahan hambatan saat kapal dalam kecepatan rendah(Fr<0.4). Pada kecepatan tinggi terjadi pengurangan hambatan antara 3.3% hingga 11.1%. Sedangkan dalam kecepatan rendah terjadi penambahan hambatan antara 14.1% hingga 23.9%.
======================================================================
The role of crew boat is very important in every offshore operation. Because of that, a durable hydrodynamic performance is needed to meet that role. One of the hydrodynamic performance parameter is ship resistance. An minimun resistance is needed to make ship owner get optinum benefits like fuel reduction during ship operation. To achive that goal, an energy saving device(ESD) could be installed. There are many type of ESD. One of them is integrated wedges-flap(IWF). IWF is the next stage development of stern wedges. The significant difference between stern wedges and IWF is the flap that attached next to it. By installing IWF, hoping could bring more benefit rather than using wedges or flap alone. IWF works by increase vertical pressure that cause lift. IWF also improve the flow in stern region fo ship so become more uniform. In this research numerical experiment will be conduct by using CFD tool to verify that claim. Experiment is conduct in 4 model i.e. ship without IWF , ship with IWF with 4o,5o, and 6o angle. The experiment carry out by free surface simulation by using ANSYS CFX. After that the result will be analized from several perspectives. Analisys will be carry out by comparing total resistance of ship with and without IWF. Next, the effect of IWF angle will be analized. Beside of that the pressure distribution and flow pattern will be analized. The result shows that there is resistance reduction in ship with IWF at high speed(Fr>0.4) and increasing in resistance when ship at low speed(Fr>0.4). at high speed the result shows resistance reduction between 3.3% and 11.1%. and at low speed conditions shows resistance increasing between 14.1% and 23.9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Crew Boat,CFD, Free surface, Integrated Wedges-Flap |
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Auliya Alamsyah |
Date Deposited: | 10 Jan 2018 01:46 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 03:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/47713 |
Actions (login required)
View Item |