Perancangan Buku Visual Eksplorasi Motif Batik Jombangan

Alesti, Piranti (2017) Perancangan Buku Visual Eksplorasi Motif Batik Jombangan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100003-Undergraduated_Theses.pdf]
Preview
Text
3412100003-Undergraduated_Theses.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview

Abstract

Kerajinan batik Jombangan sudah ada sejak tahun 1944 dan mulai diperkenalkan kembali sejak awal tahun 2000, namun hingga saat ini keberadaannya masih menjadi hal yang cukup asing khususnya bagi masyarakat diluar Kabupaten Jombang. Keterbatasan motif khas Jombangan serta kurangnya tenaga ahli dalam bidang batik yang mengolah motif khas Jombang menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi perkembangan batik Jombang yang dirasa kurang signifikan. Terdapat 2 motif khas Jombangan yang hingga saat ini digunakan sebagai motif batik untuk seragam pegawai dan pelajar di Jombang. Pada umumnya batik Jombang cenderung dibuat dengan motif yang umum sesuai keinginan pengrajinnya sehingga identitas Jombang dalam produk batik Jombangan kian sulit ditemukan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirasa perlu adanya suatu upaya solutif yang dapat mengembangkan citra batik Jombangan. Penelitian ini mengkaji tentang eksplorasi motif batik yang diadaptasi dari beragam ciri khas dan ikon kota Jombang dengan menggunakan metode penelitian observasi dan depth interview untuk mendapatkan data primer serta riset eksperimental, studi literatur dan studi eksisting untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan dalam melakukan perancangan desain. Target audiens dari perancangan ini diutamakan untuk para pengrajin batik di kota Jombang. Konsep dari desain ini adalah “Jelajah Pesona Corak Batik Jombangan” dengan mengesplorasi ragam potensi daerah yang dapat diformulasikan kedalam motif batik Jombangan yang baru.
Proses desain ini akan menghasilkan sebuah buku visual yang berisi pengetahuan singkat tentang batik Jombang serta hasil eksplorasi motif yang diformulasikan dari berbagai potensi daerah yang ada di kabupaten Jombang. Buku ini dilengkapi dengan elemen visual berupa fotografi dan ilustrasi dari berbagai ornamen utama, tambahan, dan isen yang dapat dipadu padankan sehingga menghasilkan beragam motif khas Jombangan yang dapat menginspirasi pengrajin batik dalam menciptakan motif – motif batik yang baru.
=================================================================
Batik Jombangan craft has already existed since 1944 and it was introduced again in the year 2000, however nowadays it still become unrecognized object, especially for people outside Jombang. Limited motives and lack of Batik Jombangan craft experts are the factors that inhibit its growth. There are no specific motives that illustrate Jombang identity in the existing Jombang Batik craft.
Therefore, solutive effort is needed to develop Batik Jombangan. This research will explore batik motives that can describe Jombang identity, using observation and deep interview method to gather primary datas and experimental research, literature and existing study will be used for secondary datas as a base information in designing. The audience target of this research is Batik Jombangan craftsmen in Jombang. The design concept is “Jelajah Pesona Corak Batik Jombangan”, by exploring potential resource that can be illustrated as Batik Jombangan new motives.
The result of this research is a visual book. The content of it is an information about Batik Jombangan and new motives design as a result of exploring Jombang potential area and natural resource. Illustration and photograph of primary motives, additional, and isen to create unique batik motives will also be the part of the book. The book will be an inspiration for Jombangan Batik craftsmen, to create new motives of Jombangan Batik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku visual, Kabupaten Jombang, motif Jombangan, eksplorasi motif, Visual Book, Jombang Regency, Jombangan motives, Motives exploration
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Piranti Alesti
Date Deposited: 04 Dec 2017 07:59
Last Modified: 05 Mar 2019 08:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47717

Actions (login required)

View Item View Item