Studi Estimasi Berat Baja Kapal Pada Tahapan Desain Preliminari Dengan Metode Grafis Menggunakan Aplikasi Berbasis Rekayasa Perancangan

Priyawardhana, Aditya (2017) Studi Estimasi Berat Baja Kapal Pada Tahapan Desain Preliminari Dengan Metode Grafis Menggunakan Aplikasi Berbasis Rekayasa Perancangan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4112100069-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4112100069-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan tugas akhir ini adalah untuk melakukan studi estimasi berat baja kapal pada desain preliminari dengan metode grafis menggunakan aplikasi berbasis rekayasa perancangan. Pertama, Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari terlebih dahulu beberapa teori dasar estimasi berat baja kapal konvensional yang ada dan mengambil salah satu metode konvensional yang akan dipakai sebagai perbandingan, dalam hal ini metode Watson. Kedua melakukan dan merencanakan estimasi berat baja kapal dengan metode grafis. Ketiga melakukan uji hasil estimasi berat baja kapal menggunakan metode grafis dengan berat baja kapal real yang sudah dihitung secara pos-perpos. Didapati bahwa perhitungan berat baja dengan metode Watson memiliki selisih yang besar dengan berat baja real. Perhitungan dengan metode grafis memiliki selisih sebesar 23,7 ton atau 2,6% lebih kecil dari berat baja kapal real. Hasil berat baja kapal menjadi lebih kecil dikarenakan adanya beberapa konstruksi khusus yang tidak dilakukan pemodelan 3D, seperti SKEG, pondasi crane serta dibutuhkannya faktor ketelitian dalam pemodelan 3D menggunakan aplikasi berbasis rekayasa.
=================================================================
The purpose of this final project is to study the shipweight estimation method in the stage of preliminary design with graphical method using application based on engineering design. Firstly, this final project study some basic theories of conventional ship steel weight estimation on existing vessels and taking one of the conventional methods to be used as a comparison, in this case the Watson method. Secondly, calculating ship weight estimation using graphical methods. Thirdly, analyze ship weight estimation results using graphical methods with actual ship weight that had been calculated with post by post method. It was found that calculations of steel weight by the Watson method differed greatly with actual steel weight. The calculation by the graphical method has a difference of 23,7 tons or 2,6% lower than the actual ship's steel weight. The steel weight of the vessel becomes smaller due to some special constructions that are not modelled in 3D, such as SKEG, crane foundation and the accuracy factor in 3D modeling on using application based on engineering design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berat kapal kosong, estimasi berat baja kapal, model 3 dimensi kapal, Ship lightweight, steelweight estimation, 3 dimensi Ship model
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditya Priyawardhana
Date Deposited: 04 Dec 2017 07:45
Last Modified: 05 Mar 2019 08:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47720

Actions (login required)

View Item View Item