Kristanto, Bambang (2017) Studi Skema Pembiayaan Pembangunan Kapal Baru Berbasis Multi Vendor menggunakan Fasilitas K.U.R. (Kredit Usaha Rakyat). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113100084-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kredit merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Bank untuk dapat memenuhi kebutuhan para nasabah. Lain dengan pemerintah yang mempunyai program Kredit KUR yang bertujuan untuk memberikan pinjaman modal usaha bagi masyarakat maupun kelompok industri. Begitu pula dengan pembangunan sebuah kapal dibutuhkan modal yang sangat besar sehingga dengan adanya kredit ini diharapkan dapat membantu memberikan solusi modal awal pembiayaan bagi galangan kapal.Dengan metode multi vendor dapat dijadikan salah satu terobosan baru agar dapat memanfaatkan fasilitas KUR untuk pembiayaan pembangunan kapal baru. Tujuan dari penelitian Tugas Akhir ini adalah untuk melakukan studi penggunaan kredit KUR sebagai modal pembiayaan dalam membangun sebuah kapal. Pertama, dilakukan analisa terhadap sistem pembiayaan yang dilakukan saat ini. Hasil identifikasi kondisi saat ini rata-rata galangan masih menjadikan pembayaran owner sebagai modal utama pembangunan kapal. Kedua, kebutuhan material yang telah diuraikan di Rencana Anggaran Biaya (RAB) kemudian dibagi ke dalam beberapa vendor/supplier di galangan. Ketiga, penyusunan skema pembiayaan dengan menggunakan fasilitas kredit KUR. Berdasarkan hasil analisa, vendor/supplier yang mempunyai kebutuhan modal melebihi plafon maksimal kredit KUR maka tidak dapat disimulasikan sehingga dihitung menggunakan skema kredit komersial. Hasil simulasi menunjukkan bahwa: Pembiayaan Skema I dengan variasi bunga efektif menunjukkan bahwa vendor mendapatkan keuntungan sebesar 10.828%. Pembiayaan Skema II dengan variasi bunga flat menunjukkan bahwa vendor mendapatkan keuntungan sebesar 10.545%. Pembiayaan Skema III dengan variasi bunga efektif dan angsuran per tiga bulanan didapatkan keuntungan vendor sebesar 10.617%. Pembiayaan Skema IV dengan variasi bunga flat dan angsuran per tiga bulanan didapatkan keuntungan vendor sebesar 10.513%. Sedangkan pembiayaan Skema V dengan variasi perhitungan kredit secara komersial didapatkan keuntungan vendor sebesar 9.879%. Berdasarkan hasil simulasi pembiayaan pembangunan kapal menggunakan fasilitas kredit KUR yang telah dilakukan, pada simulasi pembiayaan Skema I diperoleh keuntungan vendor paling maksimal.
============================================================ Credit is one of facilities owned by bank to meet the needs of its customers. Such as the government that has KUR or Kredit Usaha Rakyat (People Business Credit) program that aims to provide business capital loans to comunities and industry groups. Similarly, shipbuilding requires enormous capital so that with this credit is expected to help provide initial capital financing for shipyards. Multi-vendor method could be a breakthrough to make use of KUR facility to finance new ship building. The purpose of this Final Project is to study the use of KUR as financing capital in shipbuilding. First, an analysis of the current financing system is carried out. Identification result of current condition, most shipyard still use the owner payment as the main capital of shipbuilding. Second, the material requirements described in RAB or Rencana Anggaran Biaya (Budget Plan) are then divided into several vendors or supplier in the shipyard. Third, the preparation of financing scheme by using KUR facility. Based on the results of analysis, vendors / suppliers who have capital requirements exceed the maximum ceiling of credit KUR then can not be simulated so calculated using a commercial credit scheme. The simulation results show that: Financing Scheme I with effective interest variation shows that the vendor gets a profit of 10.828%. Financing Scheme II with flat interest variations shows that the vendor gets a profit of 10.545%. Financing Scheme III with effective interest variation and quarterly installment that the vendor gets a profit of 10.617%. Financing Scheme IV with flat interest variation and quarterly installment that the vendor gets a profit of 10.513%.While financing Scheme V with the variation of commercial credit calculations that the vendorget a profit of 9.879%.Based on the simulation results of shipbuilding financing using KUR facilities that have been done, the financing simulation Scheme I obtained the maximum profit for the vendor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe |
Uncontrolled Keywords: | Kredit Usaha Rakyat, Pembiayaan, Multivendor, Galangan Kapal |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture) |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Kristanto Bambang |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 07:37 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 08:48 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/47740 |
Actions (login required)
View Item |