Pengaruh Bentuk After Body Terhadap Maneuvering Kapal Selam Mini

Virliani, Putri (2017) Pengaruh Bentuk After Body Terhadap Maneuvering Kapal Selam Mini. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4115203003-Master_Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pengoperasian kapal selam, olah gerak (maneuver) yang baik diperlukan pada saat melakukan serangan maupun menghindar dari serangan musuh. Salah satu komponen teknologi kapal selam yang perlu dikembangkan untuk mencapai maneuver yang baik adalah komponen rudder dan stern plane yang tersusun pada bagian after body kapal selam. Pada penelitian Tesis ini diawali dengan membuat variasi bentuk after body kapal selam mini. Variasi pertama adalah sebagai desain awal yaitu rudder dan stern plane kapal selam mini tersusun saling tegak lurus atau dinamakan dengan susunan + Stern. Kemudian untuk variasi ke-dua dilakukan perubahan terhadap susunan rudder dan stern plane pada after body kapal selam mini susunan +Stern, yaitu rudder disusun saling menyilang sehingga menyerupai huruf X dan dinamakan susunan X-Stern. Selanjutnya untuk variasi ke-tiga, rudder bagian atas pada susunan X-Stern di ganti dengan rudder bagian atas pada susunan + Stern sehingga menyerupai huruf Y terbalik dan dinamakan susunan Y-Stern. Kemudian untuk mengetahui distribusi aliran pada setiap variasi bentuk after body dan menghitung drag dan lift kapal selam mini dilakukan dengan simulasi CFD-CFX. Hasil simulasi CFD digunakan sebagai input dalam perhitungan gaya dan momen hidrodinamik. Gaya dan momen yang dihasilkan, digunakan untuk mengetahui karakteristik maneuver kapal selam mini yang disimulasikan dengan menggunakan software MATLAB. Hasil penelitian Tesis ini menunjukkan bahwa semua variasi bentuk after body kapal selam pada saat rudder dibelokkan 35o memiliki nilai tactical diameter yang memenuhi kriteria IMO untuk turning circle test. Dan bentuk after body susunan X-Stern yang memiliki nilai tactical diameter terkecil dari kedua variasi yang lain. =========================================================================================== Good maneuver is required in submarine operations to attack or avoid enemy attacks. One component of submarine technology that needs to be developed to achieve a good maneuver are the rudder and stern plane component which are arranged on the after body of submarine. In order to achieve optimum maneuver characteristics, it needs to redesign the control surface arrangement of the after-body of submarine is required. This Tesis research begins by making variations of the after body of a mini submarine. As the initial design of the after body of submarine is arranged perpendicularly or named with the +Stern arrangement. Then variations are made to the control surface arrangement of the after body of mini submarine, for the first variation of the control surface arranged across to resemble the letter X and called the X-Stern arrangement. Furthermore, in the second variation, the upper control surface of the X-Stern arrangement is replaced by the upper rudder of the +Stern arrangement so that it resembles an inverted Y letter and is called the Y-Stern arrangement. Then to find out the flow distribution in each variation of after body shape and calculate drag and lift of mini submarine is done by CFD-CFX simulation. The CFD simulation results are used as inputs in hydrodynamic force and moment calculations. The resulting force and moments are used to determine the characteristics of mini submarine maneuvers that are simulated using MATLAB software. The results of this Tesis research show that all variations of the after-body submarine when the rudder is deflected 35o has a tactical diameter value appropriate with IMO criteria for turning circle test. And the X-Stern arrangement of after-body has smallest tactical diameter value than others.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: after body, kapal selam mini, gaya, momen, maneuver, CFD, MATLAB, mini submarine, force
Subjects: U Military Science > U Military Science (General)
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Putri Virliani .
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:49
Last Modified: 09 Jan 2018 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47761

Actions (login required)

View Item View Item