Desain Furnitur sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran untuk Anak Cerebral Palsy pada Sekolah Dasar Luar Biasa

Rahma, Farah Aulia (2017) Desain Furnitur sebagai Sarana Pendukung Pembelajaran untuk Anak Cerebral Palsy pada Sekolah Dasar Luar Biasa. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100022-Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3412100022-Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Anak dengan Cerebral Palsy (CP) memiliki gangguan nonprogresif pada
postur dan gerak. Berdasarkan studi oleh Garrison terdapat angka kejadian CP
diperkirakan sebesar 1,2 – 2,5 anak per 1000 anak pada usia sekolah dasar. CP
merupakan kondisi yang bersifat permanen namun anak dengan CP dapat
mengembangkan potensi dan kemampuan mereka melalui berbagai terapi, salah
satunya adalah terapi okupasi pada sekolah dasar luar biasa (SDLB) . Berdasarkan
Data Kemendikbud terdapat 1962 SLB di Indonesia dengan 26.617 siswa serta
diperkirakan terdapat 1000 siswa dengan CP di SLB bagian D (tuna daksa) pada
tahun ajaran 2015/2016. Namun pemakaian furnitur pada sekolah tersebut
sebagian besar masih menggunakan produk yang digunakan untuk anak normal
dan kurang memenuhi kebutuhan anak dengan CP. Anak CP memiliki berbagai
kebutuhan khusus salah satunya adalah penyangga tubuh karena mereka tidak
dapat mengontrol badan dengan baik. Tujuan dari perancangan ini adalah
menghasilkan desain furnitur kelas yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
khususnya pada postur dengan memperhatikan aspek antropometri yang sesuai
dengan Anak CP di Indonesia. Metode desain dimulai dengan pengumpulan data
stakeholder dengan metode shadowing, depth interview, dan pengukuran
antropometri penderita CP. Melalui pengumpulan data tersebut didapatkan
permasalahan dan kebutuhan furnitur yang kemudian diolah bersama literatur
yang berkaitan sehingga menjadi produk dengan konsep desain CP friendly dan
cheerful. Hasil perancangan berupa furnitur kelas yang terdiri dari kursi roda,
kursi, meja, dan equipment yang mengakomodasi kebutuhan anak CP salah
satunya untuk menjaga postur anak CP agar duduk dengan tegap.
==================================================================================================
Children with cerebral palsy (CP) have muscles that are smaller, weaker and more resistant to stretch compared to typically developing people. CP refers to a permanent condition, however, children can learn to cope with the condition as they grow. Treatment often brings about improvement, such as occupation treatment. Occupation Treatment can happen at special school. Based on Kemendikbud’s data, There are 1,962 special schools in Indonesia with 26.617 students as well as an estimated 1,000 students are children with CP in Section D (children with disabilities) at 2016. The use of the furniture is mostly still using products which are used for the normal child. Children with CP have the different need for their body, such as bad postural. The Purpose of this project was to develope a classroom’s furniture for these users. With an ergonomic support system that helps to correct children with CP’s posture. The design method of began with shadowing method, in-depth interviews, and anthropometric measurements of children with CP. This concept furniture features cheerful design and CP friendly to allow users to enjoy a comfortable studying time in a comfortable school environment. The Final design of this product consists of wheelchair, chair, desk, and equipment. It is adjustable according to different anthropometries as it facilitates the use of support system and ensures comfort for the student with CP with angle adjustable desk.
Keywords: cerebral palsy, postural seat, furniture.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 749 Rah d-1
Uncontrolled Keywords: cerebral palsy, postural seat, furniture.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Farah Aulia Rahma
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:33
Last Modified: 05 Mar 2019 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47802

Actions (login required)

View Item View Item