Perancangan Mural Cerita Rakyat Jember sebagai Media Pelestarian Budaya

Wijaya, Jossua Novan (2017) Perancangan Mural Cerita Rakyat Jember sebagai Media Pelestarian Budaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100062-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3412100062-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Jember memiliki berbagai macam budaya, salah satunya adalah cerita rakyat. Menurut penelitian yang dilakukan penulis kepada 227 anak kelas 4-6 SD di 6 SD di Kabupaten Jember, 222 anak tidak mengetahui cerita rakyat dari daerah asalnya tersebut, sebaliknya mereka mengetahui cerita-cerita dongeng dari luar negeri.. Maka dari itu diperlukan sebuah media untuk melestarikan cerita rakyat dari Jember agar cerita rakyat dari Jember tidak punah dan tidak tergerus oleh cerita dongeng dari luar negeri.
Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah penelitian primer dan sekunder. Penelitian primer meliputi wawancara ke budayawan, mural artist dan juga observasi ke tempat peninggalan cerita rakyat, serta kuisioner ke anak-anak kelas 4-6 SD sebagai studi kasus. Sedangkan penelitian sekunder menggunakan data yang didapat dari buku yang berkaitan dengan cerita rakyat Jember, budaya, serta visualisasi masyarakat Jember di masa lampau.
Media luaran dari perancangan ini adalah kegiatan mural partisipatori di taman kota yang dapat diikuti oleh masyarakat Jember, buku cerita anak, serta merchandise. Ada 3 cerita yang diangkat pada perancangan ini yaitu Asal Usul Nama Jember, Watu Ulo, dan Asal Usul Desa Umbulsari. Dengan adanya media pelestarian cerita rakyat dari Jember ini diharapkan cerita rakyat dari Jember dapat dilestarikan dan dikenal oleh komponen masyarakat dan tidak akan hilang tergerus oleh jaman.
=================================================================
Jember has many cultures, one of those cultures is folktale. According to research conducted by the author to 227 4-6 grade students at 6 elementary schools in Jember, 222 children didn’t know Jember’s folktales, but they knew foreign folktales. Therefore, a media is needed to preserve Jember folktales so it won’t extinct an d won’t eroded by foreign folktales.
The research methods used in this design are primary research and secondary research. Primary research includes interview of humanist, mural artist, observations to the relics of Jember’s folktale and quisionaires to children. While secondary research using data obtained from the book related to Jember’s folktales, cultures, and visualization of Jember from the past.
The output of this final project will be a participatory mural event in Jember’s central park that will be joined by Jember’s people, children book, and merchandise. There are 3 stories adapted into this mural design, those are Asal Usul Nama Jember, Watu Ulo, and Asal Usul Desa Jembersari With these media, Jember’s folktale can be preserved and recognized by the public hence it won’t extinct.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Folklor, Cerita Rakyat, Jember, Storytelling, Mural, Folklore, Folktales
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Jossua Novan Wijaya
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:34
Last Modified: 05 Mar 2019 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47929

Actions (login required)

View Item View Item