Adhiprasasta, Muhamad Agra (2017) Pengembangan Stasiun Pusat Regional di Manggarai - Jakarta Selatan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3213100057-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu Fenomena yang terjadi pada kota Jakarta adalah minimnya Sarana Transportasi Umum yang beroperasi di Jakarta, menjadikan sebagian besar dari masyarakat yang tinggal di kota tersebut memilih menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat Transportasi. Dengan bertambahnya volume kendaraan yang berbanding jauh dibandingkan dengan kapasitas jalan yang tersedia, maka terjadi sebuah kemacetan. Jika Jakarta tidak mampu merevitalisasi sistem Transportasi umumnya, maka diprediksikan Jakarta akan lumpuh total pada beberapa tahun yang akan datang.
Untuk meyelesaikan masalah tersebut Pemerintah DKI Jakarta berencana untuk merevitalisasi Transportasi umum di Jakarta, dan salah satunya ialah pembangunan jalur-jalur kereta baru. Diperlukan sebuah stasiun yang mampu mengakomodir jalur-jalur baru tersebut, dan salah satunya ialah dengan penetapan kawasan Manggarai sebagai Stasiun sentral regional. Yaitu stasiun yang melayani sarana transit antar jalur, dan sebagai titik pemberhentian kereta antar regional. Diperlukan sebuah metoda rancang yang mampu memenuhi kebutuhan pada stasiun dan pada lingkungan tersebut. Konsep yang terdapat pada stasiun adalah mengutamakan Waktu, Keamanan dan Kenyamanan bagi pengguna, dengan menciptakan sirkulasi yang efisien serta terintegrasi baik secara sistem dan fungsi bagi lingkungan, serta ruang yang memaksimalisasi fasilitas bagi seluruh penggunanya, dengan menciptakan sebuah stasiun yang mampu menjadi sebuah “Pintu Gerbang” Jakarta bagi orang-orang daerah yang menuju Jakarta menggunakan kereta api.
=================================================================================
One of the phenomenon that occurred in the city of Jakarta is the lack of public transport facilities operating in Jakarta, making most of the people living in the city choose to use private vehicles as a means of transportation. With the increasing volume of vehicles that are not proportional to the available road capacity, a jam occurs. If Jakarta is unable to revitalize the general Transport system, then it is predicted Jakarta will be completely paralyzed in the next few years.
To solve the problem, the Government of DKI Jakarta plans to revitalize public transportation in Jakarta, and one of them is the construction of new train lines. A station is needed to accommodate these new routes, and one of them is the establishment of Manggarai area as a regional central station. It is a station that serves inter-lane transit facilities, and as an inter-regional train stop point. A design method is required that can meet the needs of the station and the environment. The concept of station is prioritizing Time, Security and Convenience for the user, by creating an efficient and integrated circulation both in the system and function for the environment, as well as the space that maximizes the facility for all its users by creating a station capable of being a "Gateway" of Jakarta for regional people who headed to Jakarta by train.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSA 725.31 Adh p |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Stasiun, Kereta, Transit, Regional. |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Adhiprasasta Muhamad Agra |
Date Deposited: | 01 Nov 2017 03:14 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 07:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48008 |
Actions (login required)
View Item |