Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun

Febrylian, Annela Dhona (2017) Perancangan Buku Digital Interaktif sebagai Upaya Edukasi Jajanan Aman untuk Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3413100152_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3413100152_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (44MB) | Preview

Abstract

Pada masa sekarang ini, anak-anak sekolah dasar cenderung tertarik pada makanan jajanan yang memiliki warna, rasa dan bentuk yang menarik, namun jajanan tersebut belum tentu mengandung bahan yang aman dan sehat. Makanan jajanan sering dijumpai pada penjual di pinggir jalan, khususnya di sekitar sekolah dan jajanan di minimarket. Banyaknya jajanan yang tergolong tidak aman menimbulkan keresahan para orangtua. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menggalakkan beberapa edukasi jajanan pada berbagai media. Didukung oleh perkembangan teknologi dan informasi media pembelajaran yaitu aplikasi mobile, maka dirancang sebuah buku cerita interaktif berbentuk aplikasi mobile untuk anak sekolah dasar usia 7-9 tahun. Perancangan ini digunakan oleh anak sekolah dasar agar pemahaman anak tentang jajanan aman dapat disajikan secara menarik dan menyenangkan.
Proses perancangan buku digital interaktif dimulai dengan penggalian data primer dari beberapa stakeholder. Data tersebut diterjemahkan dalam kebutuhan yang menyangkut pesan edukasi jajanan aman. Metode penyampaian pesan visual didapatkan dengan mengkomparasikan sejumlah aplikasi eksisting yang sedang marak digunakan oleh anak-anak. Hasil komparasi diterjemahkan dengan berbagai literatur guna dijadikan inspirasi pembentukan karakter dan konten aplikasi. Selanjutnya, proses prototyping diselesaikan dan diujicobakan dalam metode usability testing. Kesimpulan dari usability testing dijadikan sebagai rekomendasi dan penelitian. Hasil konsep (output) dari perancangan ini berupa buku digital interaktif yang terdiri dari tiga chapter, cerita dengan teks narasi, animasi yang menarik, suara narasi dan musik pendukung cerita, kotak indeks penjelasan kata-kata sulit, serta highlight scene pada setiap chapter yang berisi penekanan pesan adegan kunci. Adanya fitur interaktif pada buku digital ini, akan mendukung konten menjadi lebih berkesan serta dapat meningkatkan imajinasi bagi pembaca.

=======================================================================================

At present, primary school children tend to be attracted to snacks that have attractive colors, flavors, and shapes, but these snacks do not necessarily contain safe and healthy ingredients. Snacks are often found in roadside vendors, especially around schools and snacks in the mini market. Many snacks that are classified as unsafe cause parental unrest. BPOM has promoted some snacks education in various media. Supported by the development of technology and learning media information that is a mobile application, it is designed an interactive story book shaped mobile application for elementary school children aged 7-9 years. This design is used by elementary school children so that childrens understanding of snacks can be presented safely in an interesting and fun.
The process of interactive digital book design begins with extracting primary data from multiple stakeholders. The data was translated into the needs that concern the message of safe snack education. The method of visual message delivery was obtained by comparing a number of existing applications that are being used by children. Comparative results were translated with various literature to be inspired the formation of character and application content. Furthermore, the prototyping process was completed and tested in the usability testing method. The conclusions of usability testing serve as recommendations and research. The output of this design is an interactive digital book consisting of three chapters, narrative story narratives, interesting animations, narrative sounds and storytelling music, an index of explanations of difficult words, and highlight scenes on each chapter containing Emphasis of key scene messages. The existence of interactive features in this digital book will support the content becomes more memorable and can increase the imagination for the reader.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: edukasi, buku digital interaktif, jajanan aman, anak usia 7-9 tahun
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Annela Dhona Febrylian
Date Deposited: 01 Nov 2017 03:07
Last Modified: 05 Mar 2019 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48014

Actions (login required)

View Item View Item