Yunus, Muhammad (2017) Rancang Bangun Purwarupa Drivetrain Sepeda Motor Multi Mode Hybrid yang Efisien. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2115205004-Master_Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kendaraan BBM memiliki paling tidak tiga keterbatasan: efisiensi yang rendah, menghasilkan emisi gas buang, dan memakai energi tak terbarukan. Oleh karena itu diperlukan teknologi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar tanpa mengurangi performa kendaraan. Salah satu teknologi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah berupa sistem penggerak hybrid, yang saat ini masih jarang diaplikasikan pada kendaraan bermotor roda dua. Untuk memungkinkan sistem hybrid berfungsi, planetary gear akan menjadi penghubung tenaga.
Pemodelan sepeda motor hybrid yang digunakan dalam penelitian ini, disimulasikan dengan menggunakan software matlab dengan menggunakan modul simscape/simdriveline. Terdapat 2 driving cycle dan 2 kondisi pengoperasian motor bakar yang digunakan dalam simulasi yaitu : yang pertama, ECE 15 driving cycle dengan motor bakar beroperasi pada putaran 0 dan >800 rpm; dan yang kedua, Extra Urban Driving Cycle dengan motor bakar beroperasi pada putaran 0 dan >800 rpm.
Berdasarkan hasil analisa simulasi pada pemodelan, konsumsi bahan bakar sepeda motor hybrid pada saat motor bakar beroperasi pada putaran >800 rpm berkurang 40% dan 5.6% masing-masing secara berurutan menggunakan ECE 15 dan EUDC driving cycle. Karakter driving cycle pada EUDC berada pada kecepatan yang tinggi dan waktu berhenti kurang dibandingkan dengan ECE 15. Oleh karena itu, pengurangan konsumsi bahan bakar tidak signifikan pada EUDC. Artinya sangat tepat menggunakan sepeda motor hybrid dengan mode awal motor listrik (atau motor bakar bekerja pada putaran menengah) apabila driving cycle-nya banyak situasi berhenti dan jalan dengan kecepatan rendah seperti didaerah perkotaan.
================================================================================
Fuel vehicles have at least three flaws: low efficiency, emissions gas emissions, and non-renewable energy use. Therefore, the technology needed to reduce fuel consumption without reducing the performance of the vehicle. One of the right technologies to overcome this is a hybrid drive system, which is still rarely applied to motorcycles. To enable the hybrid system to function, the planetary gear will become the power hub.
Modeling of hybrid motorcycle used in this research will be simulated in matlab software using simscape / simdriveline module. There are 2 driving cycles and 2 motor fuel operating conditions used in the simulation: first, ECE 15 driving cycles with engines operate at turns 0 and > 800 rpm; And the second, Extra Urban Driving Cycle with engines operate at round 0 and> 800 rpm.
The results of simulation analysis on modeling, fuel consumption of hybrid motorcycle at the time of engine operates at rotation> 800 rpm decreases 40% and 5.6% in the ECE 15 and EUDC driving cycle respectively. The Extra Urban Driving Cycle speed is high and the idling time is less than the ECE 15 driving cycle. Therefore, the reduction in fuel consumption is not significant on EUDC. This means it is very appropriate to use a hybrid motorcycle with the initial mode of the electric motor (or engine work in the middle speed) when the driving cycle of many situations stop and go with low speeds such as urban areas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sepeda motor, hybrid, ramah lingkungan, konsumsi bahan bakar, driving cycle. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Muhammad Yunus . |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 07:34 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 07:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48023 |
Actions (login required)
View Item |