Perancangan Dan Pengukuran Sistem Kinerja Lingkungan Untuk Mendukung Proper Pada Industri Gas

Wulandari, Anindita Etri (2017) Perancangan Dan Pengukuran Sistem Kinerja Lingkungan Untuk Mendukung Proper Pada Industri Gas. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
Anindita Etri Wulandari_9113201603.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
Official URL: https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/index

Abstract

Perkembangan perindustrian yang pesat diiringi dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan penggunaan sumber daya, telah menimbulkan isu lingkungan. Isu lingkungan saat ini menjadi fokus utama dalam meningkatkan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan peningkatan kinerja perusahaan. PT. X sebagai perusahaan BUMN yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream industri gas Indonesia dengan wilayah operasi di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. PT. X berupaya untuk meningkatkan performansi kinerja lingkungan perusahaan dengan menciptakan proses produksi yang ramah lingkungan. Dalam pengukuran kinerja lingkungannya, PT. X belum memiliki sistem pengukuran kinerja lingkungan yang spesifik. Saat ini, perusahaan menggunakan standar ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan dan program peringkat perusahaan (PROPER) sebagai bahan evaluasi kinerja lingkungannya. Penelitan ini berfokus pada perancangan sistem pengukuran kinerja lingkungan PT. X. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi aspek lingkungan dari kegiatan operasional dan merancang Key to Enviromental Performance Indicator (KEPI), melakukan pembobotan KEPI-nya dengan Analytical Hierarchy Process (AHP), mengukur KEPI-nya, dan memberikan rekomendasi perbaikan kinerja lingkungannya. Hasil perancangan kinerja lingkungan pada PT. X berupa 70 KEPI yang meliputi 51 KEPI kuantitatif dan 19 KEPI kualitatif yaitu 21 KEPI kategori warna merah, 14 KEPI kategori warna kuning, dan 35 KEPI kategori warna hijau. Nilai kinerja lingkungan PT. X yang diperoleh dari hasil pembobotan dengan metode AHP dan Scoring System adalah sebesar 5.86 dan berada dalam Traffic Light System kategori warna kuning yang berarti bahwa kinerja lingkungan PT. X masih perlu dilakukan pengawasan dan perbaikan oleh pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.312 5 Wul p
Uncontrolled Keywords: KEPI, Kinerja Lingkungan, PROPER, Integrated Enviromental Performance Measurement System (IEPMS), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Magister Management Technology
Depositing User: Anindita Etri Wulandari
Date Deposited: 09 Jan 2018 05:07
Last Modified: 05 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48138

Actions (login required)

View Item View Item