Dzahab, Istiqlal Sanatu (2017) Analisa Rekondisi Baja Pegas Daun Bekas SUP 9A Dengan Metode Quench-Temper Pada Temepratur Tempering 460 oC Terhadap Kekerasan dan Kekuatan Tarik. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2114030077-Non_Degree.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan industri otomotif sekarang ini sangat
mengutamakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.
Salah satu faktor yang berperan dalam kenyamanan dan
keamanan berkendara adalah pegas. Pegas adalah suatu
komponen yang memiliki fungsi menerima beban.ada banyak
macam-macam pegas salah satunya adalah pegas daun. Pegas
daun yang telah digunakan akan mengalami penurunan kualitas
sifat mekanik. Dikarenakan oleh beban yang diterima atau terjadi
pada pegas daun tersebut.oleh karena itu perlu diadakan
rekondisi untuk mengembalikan sifat mekanik pada bajapegas
daun bekas.
Metodologi pada penelitian ini meliputi uji laku panas yang
memanaskan baja pegas daun sampai temepratur 850°C ditahan
selama 60 menit, lalu dilakukan proses quenching dengan media
pendingin air sebanyak 20 liter yang disertai dengan agitasi.
Kemudian dilakukan proses tempering dengan suhu 460°C
ditahan selama 90 menit dan didinginkan dengan media udara.
Hasil dari proses perlakuan panas ini akan dilakukan pengujian
kekerasan dan pengujian tarik.
Dari hasil penelitian didapat bahwa proses rekondisi dengan
quench-temper dapat mengembalikan kekerasan sebesar 43.6
HRC. Sehingga sesuai dengan standar SUP 9A pada JIS G 4801-
1984 sebesar 39,1-45,7 HRC. Akan tetapi tidak dapat
mengembalikan sifat mekanik, yang mendapat kekuatan luluh
909.09 MPa dan kekuatan tarik 1030.15 MPa. Seharusnya pada
standar SUP 9A pada JIS G 4801-1984 kekuatan luluh 1079
MPa dan kekuatan tarik 1226 MPa. Baja rekondisi menjadi lebih
mudah terdeformasi plastis dibanding pegas baru. Proses
rekondisi tidak dapat mengembalikan sifat mekanik seutuhnya
==================================================================================================
The development of the automotive industry is now highly
prioritizing comfort and safety in driving. One of the factors that
important in the comfort and safety of driving is the spring.
Spring is a component that has a load-receiving function. There
are many kinds of spring one of them is leaf spring. Leaf springs
that have been used will decrease the quality of mechanical
properties. Due to the loads received or occurring on the leaf
spring, it is necessary to recondition to restore the mechanical
properties of the used leaf springs.
The methodology of this research consisted of heat treatment
test which heated leaf spring steel until temepratur 850 ° C was
held for 60 minutes, then quenching process with 20 liters of
water cooling medium accompanied with agitation. The
tempering process was then carried out with a temperature of 460
° C. retained for 90 minutes and cooled with air medium. The
result of this heat treatment process will be tested hardness and
tensile testing.
From the results of the research it is found that the
reconditioning process with quench-temperature can return
hardness of 43.6 HRC. So in accordance with the standard SUP
9A on JIS G 4801-1984 for 39.1 to 45.7 HRC. However, it can not
restore mechanical properties, which yields 909,09 MPa and
1030,15 MPa tensile strength. Supposedly on the SUP 9A
standard on JIS G 4801-1984 the yield strength of 1079 MPa and
viii
the tensile strength of 1226 MPa. Reconditioning steels become
more easily deformed than new springs. The recondition process
can not restore the full mechanical properties.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSMI Dza a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Rekondisi, Pegas Daun, Quenching, Tempering, pengujian kekerasan, pengujian tarik, sifat mekanik |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Istiqlal Sanatu Dzahab |
Date Deposited: | 11 Jan 2018 04:06 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 06:23 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48181 |
Actions (login required)
View Item |