Perancangan Mesin Bor PCB Menggunakan CNC: tatap Muka Pergerakan Mesin CNC Secara Manual Menggunakan Visual Basic

Amsyar, Aidin (2017) Perancangan Mesin Bor PCB Menggunakan CNC: tatap Muka Pergerakan Mesin CNC Secara Manual Menggunakan Visual Basic. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030080-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2214030080-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah papan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah sirkuit elektronik dari logam yang nantinya akan menghubungkan komponen elektronika yang berbeda jenis maupun yang sejenis tanpa menggunakan kabel sebagai perantara aliran listrik. Untuk menempatkan Komponen elektronika pada sebuah PCB maka diperlukannya pengeboran pada PCB. Pengeboran PCB yang dilakukan secara manual akan mengurangi tingkat kepresisian lubang komponen selain itu untuk melakukan produksi secara banyak maka tingkat kesamaan dari masing-masing jalur yang dibuat akan sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan sebuah mesin yang dapat melakukan pengeboran secara presisi dan dengan pengoperasian yang sederhana.
Pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah interface menggunakan sebuah software pemrograman grafis. Software ini digunakan untuk mengendalikan kerja dari mesin CNC untuk mengebor PCB, yang dapat digerakkan secara manual atau dengan pengiriman kode numerik. Dimana ini bisa digunakan untuk setting awal dan kalibarasi CNC bor otomatis.
Pada pengujian motor stepper untuk sumbu X antara perhitungan dan pengukuran memiliki perbedaan antara 0,00 mm – 0,18 mm. Untuk motor stepper pada sumbu Y antara perhitungan dan pengukuran memiliki perbedaan antara 0,02 mm – 0,24 mm. Dan untuk motor stepper pada sumbu X antara perhitungan dan pengukuran memiliki selisih antara 0,01 mm – 0,28 mm. Untuk kedalaman dalam proses pengeboran sedalam 3 mm diukur mulai bagian atas PCB.

====================================================================================

PCB (Printed Circuit Board) is a board that can be used to make an electronic circuit of metal (copper) that will connect different electronic components without using a cable as an intermediary of electricity. To place the Electronic Components on a PCB, Drilling on the PCB is required. Drilling on the PCB manually (human hands) reduces the precision of the part holes. In addition to printing many PCBs for mass production will adequately affect the degree of similarity and standard of each lane created. Therefore, we need a machine that can do precision drilling and has simple operation.
Therefore, this final project it is designed an interface operation panel using a graphics programming software. The software is used to create programs that replace the function of the buttons on the panel. This will be useful for first setting and calibration for an automatic drilling CNC machine.
In the motor stepper testing for the X axis between the calculation and measurement has a difference between 0.00 mm - 0.18 mm. For a motor stepper on the Y axis, the calculations and measurements have a difference between 0.02 mm - 0.24 mm. And for a motor stepper on the X axis, the calculations and measurements have a difference between 0.01 mm - 0.28 mm. For depth in drilling process as deep as 3 mm measured starting on top of PCB. For this small error, it can be used for calibration and setting for automatic CNC machine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: CNC, Interface, Motor Stepper
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Aidin Amsyar .
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:48
Last Modified: 05 Mar 2019 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48211

Actions (login required)

View Item View Item