Desain High Skew Propeller Kapal Selam 29 Meter Dengan menggunakan Metode Numerik Dan Uji Model

Kusuma, Cahya (2017) Desain High Skew Propeller Kapal Selam 29 Meter Dengan menggunakan Metode Numerik Dan Uji Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of darft thesis cahya.pdf]
Preview
Text
darft thesis cahya.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kapal selam 29 meter dengan diameter hull 3 meter dan displacement 150T sangat cocok untuk perairan Indonesia barat yang dangkal karena memiliki beberapa kelebihan. Perhitungan powering terutama tahanan kapal dilakukan dengan menggunakan metode MIT dan metode kapal pembanding untuk mendapatkan koefisien Admiral. Berdasar dari hasil perhitungan kedua metode tersebut dilakukan perancangan propeller. Propeller didesain dengan menggunakan Propeller B series. Penggunaan propeller B-series lebih disebabkan karena kelengkapan data dan informasi performa seri tersebut bila dibandingkan dengan seri propeller lainnya.
Dari hasil desain yang didapat maka kemudian dibuatkan model dengan menggunakan skala 1:11.5 dan dibuat dengan menggunakan mesin CNC 5 axis. Kemudian model diuji open water test untuk mendapatkan diagram open water test. Dengan menggunakan JD dapat dihitung nilai Thrust, Torsi dan Effisiensi yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan propeller B5-52
Dari analisa performa didapatkan penambahan skew sampai dengan 45o maka akan mengalami penurunan performa. Hasil Analisa kebutuhan thrust dan ketersediaan daya mesin, maka propeller B5-52 ternyata layak dipakai sebagai propulsor kapal selam mini 29 m. Dengan menggunakan kapal selam pembanding dengan ukuran yang hampir sama maka dapat disimpulkan desain propeller high skew 45o layak digunakan sebagai propeller kapal selam 29 meter namun dengan mesin yang lebih besar daripada apabila menggunakan B series.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTPe Kus d
Uncontrolled Keywords: kapal selam, powering, desain, propeller high skew, open water test
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Kusuma Cahya
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:19
Last Modified: 05 Mar 2019 04:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48393

Actions (login required)

View Item View Item