Analisa Stabilitas Dan Re-Powering Kapal Pariwisata Pada Daerah Perairan Pulau Gili Iyang

Haq, Firman Nadzirul (2015) Analisa Stabilitas Dan Re-Powering Kapal Pariwisata Pada Daerah Perairan Pulau Gili Iyang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4110100040-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pulau Gili Iyang yang merupakan Pulau dengan kadar oksigen tertinggi di dunia mempunyai potensi sangat besar dalam pengembangan kapal pariwisata yang ramah lingkungan. Didukung dengan letak geografis Negara Indonesia berada di daerah katulistiwa, yang berarti mempunyai energy matahari yang melimpah dibanding dengan Negara lainnya. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengembangkan moda transportasi kapal yang ada dengan memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energy penggerak motornya. Dari bentuk lambung kapal yang beroperasi di daerah perairan Pulau Gili Iyang, didapatkan besarnya nilai hambatan total (Rt=13,79 kN) dengan bantuan simulasi CFD. Setelah itu dilakukan perhitungan daya dan pemilihan motor listrik yang dibutuhkan. Dari luasan atap bangunan atas bisa dihitung ada 20 buah panel surya yang bisa dipasang dengan jumlah daya yang dihasilkan sebesar 1465,868 Watt. Besarnya daya tersebut masih belum bisa untuk menggerakkan motor listrik yang membutuhkan 73,5 kW. Dengan semua instalasi perangkat re-powering (motor listrik, panel surya, baterai) yang sudah dipasang maka kapal pariwisata bisa dianalisa stabilitasnya dengan beberapa kondisi. =============================================================================================== Gili Iyang island is the island with the highest oxygen levels in the world. It has enormous potential in the development of environmentally friendly tourism ship. Supported by the geographical location of Indonesia, located in the equatorial regions, which means it has abundant solar energy compared with other countries. This final project aims to develop the existing modes of transport vessel by utilizing solar energy as a source of energy driving the machine. From the shape of the hull which operates in the area Gili Iyang’s waters, obtained the value of the total resistance (Rt = 13.79 kN) with the help of CFD simulations. After that, power calculation and selection of electric motors is needed. From the roof of the building over the area can be calculated there were 20 pieces of solar panels that can be fitted with the amount of power generated at 1465.868 Watt. The amount of power is still not able to drive an electric motor that requires 73.5 kW. With all the re-powering installation devices (electric motors, solar panels, battery) that is already installed then ship tourism can be analyzed stability with some conditions.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.82 Haq a
Uncontrolled Keywords: Gili Iyang, Hambatan, Re-powering, Stabilitas
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:11
Last Modified: 16 Aug 2017 02:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48606

Actions (login required)

View Item View Item