Model Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan: Studi Kasus Pulau Gili Ketapang Probolinggo

Cahyo, Aditya Arief (2016) Model Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan: Studi Kasus Pulau Gili Ketapang Probolinggo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4110100054-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4110100054-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam menentukan model pengembangan infrastruktur pelabuhan yang paling
optimal dilakukan dengan menggunakan pendekatan sistem dinamis dibantu software
Powersim. Dengan memproyeksikan kondisi pelabuhan saat ini hingga 20 tahun kedepan,
terjadi kenaikan nilai PDRB sektor pariwisata rata-rata sebesar 14% per tahun yang
merepresentasikan kenaikan jumlah wisatawan yang datang rata-rata sebesar 4,8% per
tahun dan kenaikan penumpang rata-rata sebesar 1,7% setiap tahun proyeksi dan otomatis
kondisi ini menaikkan jumlah kebutuhan angkut penumpang yang ada di pelabuhan Gili
Ketapang. Yang mengakibatkan perlunya penambahan 1 tambatan baru masing-masing
pada tahun ke-4 dan ke-15 ketika nilai BOR melebihi 65%. Jadi, selama masa proyeksi
dibutuhkan 2 tambatan baru. Dan melengkapi pelabuhan dengan prasarana seperti toilet
umum, parkiran kendaraan penumpang dan tambatan dilengkapi dengan bangku tunggu
dan tenda anti angin yang melindungi dari panas dan hujan. Dengan biaya pengembangan
infrastruktur pelabuhan Gili Ketapang adalah Rp. 487.884.832.
===============================================================================================
For determining the most optimum port’s infrastructure development model will
be done using system dynamics modelling such as Powersim. The results of simulation
and forecast for the next 20 years are the GDRP tourism sector increases on average
14%/year and also increases the tourist on average 4.8%/year and passenger growth by
1.7%/year and affect the shipcalls either increase and by that the port should be added
two more berths at 4th and 15th forecast year. And equipped the port with passenger
facilities such as public toilets, parking lots and berth’s pier is equipped with seats and
wind-proof tent which protecting the passenger from heat and rain. The cost for
developing port infrastructure of Gili Ketapang is Rp. 487,884,832.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 627.2 Cah m
Uncontrolled Keywords: pengembangan pelabuhan, kepulauan, sistem dinamis, powersim
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:32
Last Modified: 26 Dec 2018 06:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48608

Actions (login required)

View Item View Item