Studi Transformasi Nilai Tradisi menjadi Desain Tas Rotan dengan Konsep Eksotis Modern dan Natural

Jannah, Irfianti Nur (2017) Studi Transformasi Nilai Tradisi menjadi Desain Tas Rotan dengan Konsep Eksotis Modern dan Natural. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3413100154-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Karakteristik rotan yang lentur banyak dimanfaatkan pengrajin sebagai produk fungsional yang memiliki nilai jual. Salah satu produk kerajinan tersebut adalah tas. Tas berbahan dasar rotan memiliki daya tarik bagi konsumen lokal hingga internasional. Karena memiliki pasar yang baik, peluang ini dimanfaatkan pengrajin dengan terus memproduksi tas rotan. Namun hal yang sangat disayangkan adalah minimnya inovasi desain pada produk tas rotan tersebut. Hal ini mengakibatkan belum ada karakteristik yang kuat pada desain tas rotan lokal. Padahal hal tersebut dapat menambah nilai jual produk dan memperluas pasar. Permasalahan ini terjadi karena pengrajin dominan untuk memproduksi tas rotan dengan desain yang sudah ada. Disi lain terdapat banyak inspirasi desain dari kekayaan budaya dan tradisi di Indonesia. Budaya dan tradisi masyarakat itu seperti bakul, tenggok, rinjing, dan lain lain. Contoh tersebut menjadi inspirasi penulis sebagai bahan studi transformasi sehingga menghasilkan desain yang inovatif dan dapat bersaing dengan produk lokal hingga internasional. Dalam perancangan desain tas ini penulis menggunakan beberapa metode yaitu TCUSM, affinity diagram, persona, imageboard, moodboard, questionnaires, dan shadowing. Harapan dari perancangan ini dapat membantu pengrajin untuk menghasilkan produk yang inovatif dan sesuai dengan target user, memperkenalkan kekayaan tradisi, dan meningkatkan nilai produk tas rotan lokal Indonesia. ============================================================ Rattan characteristic that many craftsmen utilized as a functional product that has a sale value. One of these handicraft products is the bag. Rattan-based handbags have appeal to local and international consumers. Because it has a good market, this opportunity is exploited by the craftsmen continue to produce rattan bags. But the thing that is very unfortunate is the lack of design innovation on the rattan products. There is no strong feature on the design of local rattan bags. Release it can add value to the sale of products and. This problem occurs because the dominant craftsmen to produce rattan bags with existing designs. In the other side there are many designs of cultural richness and traditions in Indonesia. Culture and traditions of society are bakul, tenggok, rinjing, and others - others. For example, the inspiration of the author as a transformation study material to produce innovative design and can compete with local to international products. TCUSM, affinity diagrams, persona, imageboard, moodboard, questionnaire, and shadow. The hope of this design can help craftsmen to produce innovative products and in accordance with the target users, build a wealth of tradition, and improve local rattan products Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: transformasi; tradisi; produk modern; rotan; transformation; tradition; modern product; rattan
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Irfianti Nur Jannah
Date Deposited: 15 Jan 2018 08:14
Last Modified: 15 Jan 2018 08:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48658

Actions (login required)

View Item View Item