Salsabila, Umairatus (2016) Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Konstruksi Memanjang Pada Produksi Kapal Patroli 60 Meter Dengan Material Lambung Baja Tegangan Tinggi (High Tensile Steel). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4111100055-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Di beberapa galangan kapal Indonesia saat ini sedang dibangun kapal patroli 60 m. Beberapa
kapal tersebut dibangun dengan konstruksi memanjang. Hal ini bertentangan dengan
paradigma masyarakat yang menyatakan bahwa kapal-kapal pendek (di bawah 90 m)
sebaiknya dibangun dengan konstruksi melintang. Penggunaan konstruksi memanjang ini
mempengaruhi teknis dan ekonomis produksi kapal keseluruhan. Tujuan Tugas Akhir ini
adalah untuk memberikan analisa teknis dan ekonomis tentang penggunaan konstruksi
memanjang pada kapal patroli 60 m. Pertama, dilakukan analisa tentang produksi kapal
patroli 60 m yang ada saat ini. Analisa berkaitan dengan berat konstruksi kapal dan berat
logam lasnya. Kedua, dilakukan simulasi pembangunan kapal menggunakan metode blok,
seksi dan kerangka. Ketiga, dilakukan analisa teknis dan ekonomis pembangunan kapal
dengan metode yang diajukan. Analisa teknis berkaitan dengan kebutuhan crane dan JO
pada tiap tahap produksi. Analisa ekonomis berkaitan dengan kebutuhan pengadaan crane.
Dari analisa yang dilakukan, didapat bahwa dalam pembangunan kapal patroli 60 m
konstruksi memanjang, dibutuhkan material baja tegangan tinggi dengan berat 87,94 ton dan
elektrode FCAW dengan berat 4,633 ton. Metode produksi yang diajukan adalah metode
blok karena dapat memaksimalkan pekerjaan pengelasan pada tahap assembly menjadi 91%
JO. Penggunaan metode blok membutuhkan crane dengan kapasitas minimum 25 ton. Biaya
sewa crane bernilai sekitar Rp 26.000.000,00, pembelian pelat senilai Rp 1.100.119.798,58
dan pembelian elektrode senilai Rp 92.652.556,69.
===============================================================================================
Some shipyards in Indonesia have manufactured 60 m patrol ships. Some of those ships were
constructed using longitudinal stiffening system. This fact was in the contrary with common
paradigm state that small vessels (less than 90 m length) should be constructed using
transversal stiffening system. This application of longitudinal stiffening system in ship
production might affect technical and economical factor. The objective of this final project
is to provide technical and economical analysis of the application of longitudinal stiffening
system. Firstly, recent production process of 60 m patrol ship is analysed. This analysis was
related to ship steel weight and weld metal required. Secondly, ship building using block,
section and skeleton method are simulated. Thirdly, in term of technical and economical
factor of building method selected is then analised. Technical analysis was related to crane
capacity and man power required during manufacturing process. Economical analysis was
related to cost for provisioning crane required. The outcome of this final project is a set of
technical and economical analysis of manufacturing 60 m patrol ship using longitudinal
stiffening system. To produce such a ship, material required is 87,95 ton high tensile steel
material and 4,633 ton FCAW wire electrode. Building methode selected was block method
because this method could maximize welding work load in assembly stage up to 91% JO.
Block method require crane with 25 ton capacity minimum. This crane rental cost is about
Rp 26.000.000,00. The other production cost are Rp 1.100.119.798,58 and Rp 92.652.556,69
for high tensile steel material and FCAW wire electrode purchase.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.843 2 Sal a |
Uncontrolled Keywords: | analisa, ekonomis, konstruksi, produksi, teknis |
Subjects: | V Naval Science > VC Naval Maintenance V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 02:02 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 07:35 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48702 |
Actions (login required)
View Item |