Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Konstruksi Memanjang Pada Produksi Kapal Patroli 60 Meter Dengan Material Lambung Baja Tegangan Tinggi (High Tensile Steel)

Salsabila, Umairatus (2016) Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Konstruksi Memanjang Pada Produksi Kapal Patroli 60 Meter Dengan Material Lambung Baja Tegangan Tinggi (High Tensile Steel). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4111100055-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Di beberapa galangan kapal Indonesia saat ini sedang dibangun kapal patroli 60 m. Beberapa kapal tersebut dibangun dengan konstruksi memanjang. Hal ini bertentangan dengan paradigma masyarakat yang menyatakan bahwa kapal-kapal pendek (di bawah 90 m) sebaiknya dibangun dengan konstruksi melintang. Penggunaan konstruksi memanjang ini mempengaruhi teknis dan ekonomis produksi kapal keseluruhan. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk memberikan analisa teknis dan ekonomis tentang penggunaan konstruksi memanjang pada kapal patroli 60 m. Pertama, dilakukan analisa tentang produksi kapal patroli 60 m yang ada saat ini. Analisa berkaitan dengan berat konstruksi kapal dan berat logam lasnya. Kedua, dilakukan simulasi pembangunan kapal menggunakan metode blok, seksi dan kerangka. Ketiga, dilakukan analisa teknis dan ekonomis pembangunan kapal dengan metode yang diajukan. Analisa teknis berkaitan dengan kebutuhan crane dan JO pada tiap tahap produksi. Analisa ekonomis berkaitan dengan kebutuhan pengadaan crane. Dari analisa yang dilakukan, didapat bahwa dalam pembangunan kapal patroli 60 m konstruksi memanjang, dibutuhkan material baja tegangan tinggi dengan berat 87,94 ton dan elektrode FCAW dengan berat 4,633 ton. Metode produksi yang diajukan adalah metode blok karena dapat memaksimalkan pekerjaan pengelasan pada tahap assembly menjadi 91% JO. Penggunaan metode blok membutuhkan crane dengan kapasitas minimum 25 ton. Biaya sewa crane bernilai sekitar Rp 26.000.000,00, pembelian pelat senilai Rp 1.100.119.798,58 dan pembelian elektrode senilai Rp 92.652.556,69. =============================================================================================== Some shipyards in Indonesia have manufactured 60 m patrol ships. Some of those ships were constructed using longitudinal stiffening system. This fact was in the contrary with common paradigm state that small vessels (less than 90 m length) should be constructed using transversal stiffening system. This application of longitudinal stiffening system in ship production might affect technical and economical factor. The objective of this final project is to provide technical and economical analysis of the application of longitudinal stiffening system. Firstly, recent production process of 60 m patrol ship is analysed. This analysis was related to ship steel weight and weld metal required. Secondly, ship building using block, section and skeleton method are simulated. Thirdly, in term of technical and economical factor of building method selected is then analised. Technical analysis was related to crane capacity and man power required during manufacturing process. Economical analysis was related to cost for provisioning crane required. The outcome of this final project is a set of technical and economical analysis of manufacturing 60 m patrol ship using longitudinal stiffening system. To produce such a ship, material required is 87,95 ton high tensile steel material and 4,633 ton FCAW wire electrode. Building methode selected was block method because this method could maximize welding work load in assembly stage up to 91% JO. Block method require crane with 25 ton capacity minimum. This crane rental cost is about Rp 26.000.000,00. The other production cost are Rp 1.100.119.798,58 and Rp 92.652.556,69 for high tensile steel material and FCAW wire electrode purchase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.843 2 Sal a
Uncontrolled Keywords: analisa, ekonomis, konstruksi, produksi, teknis
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Aug 2017 02:02
Last Modified: 27 Dec 2018 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48702

Actions (login required)

View Item View Item