Mudhoffar, Mochammad Ali (2016) Studi Pemanfaatan Skeg Aktif Sebagai Anti Rolling Pada Kapal Cepat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4114204001-Master Thesis.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Gerakan kapal dilaut pada dasarnya memiliki 3 gerakan translasi (surge,
sway, dan heave) dan 3 gerakan rotasi (roll, pitch, dan yaw). Pada kapal cepat hal
tersebut sangat sering terjadi sehingga berdampak pada kestabilan kapal. Berbagai
macam penelitian dilakukan untuk menambah stabilitas kapal cepat. Pada gerakan
roll terdapat metode tangki U, fin aktif, bilge keel. Sehubungan dengan fin aktif,
dilakukan uji terhadap skeg yang diaktifkan (skeg aktif). Pemasangan skeg aktif
adalah salah satu upaya untuk mengurangi gerakan roll yang terjadi, dimana skeg
dapat diubah sudutnya. Penggunaan skeg aktif pada model kapal cepat dilakukan
saat pengujian seakeeping di kolam uji dengan mensimulasikan gelombang
reguler dengan arah longitudinal dan diagonal kolam uji. Gerakan model kapal
ditangkap dengan menggunakan kamera Qualisys. Hasil yang didapatkan akan
dibandingkan dengan pengujian model kapal tanpa menggunakan skeg aktif
sebagai anti roll pada sebuah model kapal cepat.
Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan
skeg aktif yang divariasikan sudutnya tanpa gerakan otomatis, tidak banyak
berpengaruh untuk meredam gerakan rol yang terjadi pada kapal cepat.
===============================================================================================
Movement of ships in the sea basically has 3 translational motion (surge,
sway and heave) and three rotational movement (roll, pitch, and yaw). In the fast
boats it is very common to have an impact on the stability of the ship. Various
studies done to increase the stability of the ship quickly. In the roll motion
contained U tank method, active fin, bilge keel. In connection with active fin, test
against the skeg is activated (active skeg). Installation of active skeg is one of the
efforts to reduce roll motion that occurs, which can be changed skeg corner. The
use of active skeg on a quick ship model testing done while in the pool seakeeping
test by simulating the regular wave in the longitudinal direction and diagonal test
pool. Movement of ship models captured by using the camera Qualisys. The
results obtained will be compared with a ship model testing without using active
anti roll skeg on a quick ship model.
From the test results can be concluded that the use of active skeg varied
corners without automatic movement, did little to dampen the movement of rollers
which occurred on a fast boat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTPe 623.87 Mud s |
Uncontrolled Keywords: | skeg aktif, model kapal, gelombang reguler, seakeeping, qualisys |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 08:18 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 03:00 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48721 |
Actions (login required)
View Item |