Studi Pemanfaatan Skeg Aktif Sebagai Anti Rolling Pada Kapal Cepat

Mudhoffar, Mochammad Ali (2016) Studi Pemanfaatan Skeg Aktif Sebagai Anti Rolling Pada Kapal Cepat. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4114204001-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Gerakan kapal dilaut pada dasarnya memiliki 3 gerakan translasi (surge, sway, dan heave) dan 3 gerakan rotasi (roll, pitch, dan yaw). Pada kapal cepat hal tersebut sangat sering terjadi sehingga berdampak pada kestabilan kapal. Berbagai macam penelitian dilakukan untuk menambah stabilitas kapal cepat. Pada gerakan roll terdapat metode tangki U, fin aktif, bilge keel. Sehubungan dengan fin aktif, dilakukan uji terhadap skeg yang diaktifkan (skeg aktif). Pemasangan skeg aktif adalah salah satu upaya untuk mengurangi gerakan roll yang terjadi, dimana skeg dapat diubah sudutnya. Penggunaan skeg aktif pada model kapal cepat dilakukan saat pengujian seakeeping di kolam uji dengan mensimulasikan gelombang reguler dengan arah longitudinal dan diagonal kolam uji. Gerakan model kapal ditangkap dengan menggunakan kamera Qualisys. Hasil yang didapatkan akan dibandingkan dengan pengujian model kapal tanpa menggunakan skeg aktif sebagai anti roll pada sebuah model kapal cepat. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan skeg aktif yang divariasikan sudutnya tanpa gerakan otomatis, tidak banyak berpengaruh untuk meredam gerakan rol yang terjadi pada kapal cepat. =============================================================================================== Movement of ships in the sea basically has 3 translational motion (surge, sway and heave) and three rotational movement (roll, pitch, and yaw). In the fast boats it is very common to have an impact on the stability of the ship. Various studies done to increase the stability of the ship quickly. In the roll motion contained U tank method, active fin, bilge keel. In connection with active fin, test against the skeg is activated (active skeg). Installation of active skeg is one of the efforts to reduce roll motion that occurs, which can be changed skeg corner. The use of active skeg on a quick ship model testing done while in the pool seakeeping test by simulating the regular wave in the longitudinal direction and diagonal test pool. Movement of ship models captured by using the camera Qualisys. The results obtained will be compared with a ship model testing without using active anti roll skeg on a quick ship model. From the test results can be concluded that the use of active skeg varied corners without automatic movement, did little to dampen the movement of rollers which occurred on a fast boat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTPe 623.87 Mud s
Uncontrolled Keywords: skeg aktif, model kapal, gelombang reguler, seakeeping, qualisys
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 22 Aug 2017 08:18
Last Modified: 27 Dec 2018 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48721

Actions (login required)

View Item View Item