Bramantiko, Andre Arya (2016) Analisa Dan Optimasi Hydrofoil Supported Catamaran (Hysucat) Ukuran 25 Meter Menggunakan Metode Cfd. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4211100065-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam bidang transportasi, manusia selalu memikirkan
apakah ada alat transportasi yang cepat dan hemat bahan bakar. Kapal
merupakan alat transportasi yang sangat murah jika dibandingkan
dengan alat transportasi jenis lainnya. Dalam bidang perkapalan,
sebagai contoh bentuk kapal dengan lambung ganda ataupun tiga yaitu
catamaran dan trimaran bahkan dengan menggunakan foil sehingga
kapal dapat memiliki tahanan yang lebih kecil lagi untuk mencapai
efisiensi optimal.
Dengan tujuan agar dapat merencanakan bentuk foil yang maksimal
sebagai penghasil gaya lift kapal jenis catamaran 25 meter, dan juga
untuk menentukan tipe hydrofoil yang menghasilkan gaya lift
maksimal dengan menggunakan aplikasi CFD.
Batasan masalah yang diberikan pada skripsi ini yaitu mengenai
perencanaan akan dilakukan untuk kapal dengan lambung jenis
catamaran, pemodelan foil dengan menggunakan NACA Series 4-
Digit, jenis variasi chord foil 3.0m , 2.5m , 2.0m , 1.5m , 1.0m , Jenis
variasi profil foil 2212, 2306, 2309, 4306 dan 4712, Kecepatan kapal
yang akan dicapai adalah 25 knot, Sudut serang (angle of attack)
terhadap foil adalah 0o , 4o , 8o , 12o , 16o , 20 o , 22 o , 24 o , 28 o , 32 o ,
dan 35 o. Foil dengan panjang chord yang sama namun dengan profil
chamber yang lebih tebal akan memiliki gaya lift yang lebih besar
pada AOA yang sama, untuk rata-rata dari masing-masing profil foil
sekitar 16% , dengan yang paling besar 28% dari displasment kapal
catamaran 25m.
===============================================================================================
In transportation, people are always wondering if there is a
means of transportation that more fast and more efficient. Ships are a
means of transportation which is very cheap compared to other types
of transportation. And progress of developing about marine and
shipping are still continue. In marine world, as an example of a ship
with a double hull (catamaran) or three (trimaran) are even using the
foil so that the vessel can have a smaller resistance again to achieve
optimal efficiency.
As a purpose to plan a maximum foil shape as producers of lift forece
of the type catamaran style boat of 25 meters, and also to determine
the type of hydrofoil that produces maximum lift force using CFD
applications.
Limitation of problems given in this paper that the plan will be carried
out to the vessel with a catamaran hull types, modeling foil using
NACA Series 4-Digits, variation of chord foils 3.0m, 2.5m, 2.0m,
1.5m, 1.0m, type of variation profile foil in 2212, 2306, 2309, 4306
and 4712, speed boat that will be achieved is 25 knots, angle of attack
(angle of attack) against the foil is 0o, 4 o, 8 o, 12 o, 16 o, 20 o, 22 o, 24 o,
28 o, 32 o and 35 o. Foil which has same chord but thicker chamber will
result more of force lift in same condition of AOA, with the average
is 16%,and the biggest is 28% from catamaran ship’s displacement
25m.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.820 4 Bra a |
Uncontrolled Keywords: | optimasi, foil, gaya lift, CFD, chord, profil, angle of attack |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 06:37 |
Last Modified: | 26 Dec 2018 06:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/48765 |
Actions (login required)
View Item |