Analisa Material ASTM A36 Akibat Pengaruh Suhu Dan Quenching Terhadap Nilai Ketangguhannya

Limbong, Sucipto Riady (2016) Analisa Material ASTM A36 Akibat Pengaruh Suhu Dan Quenching Terhadap Nilai Ketangguhannya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4109100065-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebakaran pada kapal masih sering terjadi di perairan laut Indonesia. Akibatnya, ketangguhan dari material kapal tersebut berubah akibat suhu dari kebakaran tersebut. Pada saat kebakaran, proses pemadaman dilakukan pada kapal yang terbakar. Untuk proses pemadaman ini, peneliti melakukan proses Quenching pada material yang akan diuji. Pada penelitian ini dilakukan pada material ASTM A36 dengan simulasi suhu kebakaran yang diberikan dengan variasi 750°C, 850°C, dan 950°C dan holding time selama 120 menit dan 240 menit. Kemudian dilakukan proses quenching pada material tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sifat ketangguhan material dengan menggunakan uji impak dan uji tarik. Dari pengujian ini didapatkan nilai dari fracture toughness (KIc) dengan menggunakan konversi uji impact. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan plat tanpa perlakuan, maka untuk pengujian tarik yang terbesar didapatkan pada suhu 850°C, untuk pengujian impact yang terbesar didapatkan pada suhu 950°C, dan untuk nilai KIc yang terbesar didapatkan pada suhu 750°C. Pengaruh suhu yang dilakukan mengakibatkan nilai ketangguhan semakin membesar. Pengaruh holding time yang dilakukan mengakibatkan penurunan nilai ketangguhan dari material. Akan tetapi, akibat pengaruh suhu 850°C terjadi penurunan nilai ketangguhan dan juga pengaruh holding time pada suhu 850°C terjadi peningkatan nilai ketangguhan, hal ini yang disebabkan sifat getas dari material tersebut. Berdasarkan dari semua pengujian, material pada suhu 950°C dan material tanpa perlakuan mempunyai kekuatan yang memenuhi standart ASTM dan memiliki nilai ketangguhan yang bagus sesuai standart Llyod’s Register. ===================================================================== Fire on the ship is one of a common tragedy in Indonesia’s marine. This tragedy will eventually change the toughness of the material due to the temperature of fire. When the fire occur, the fire fighting is done in the ship. To do this process, researchers perform quenching process on the material that is going to be tested. This study is performed on ASTM A36 material with variation of temperature simulation between 750oC, 850oC and 900oC, and holding time for 120 minutes and 240 minutes. After that the quenching process is performed on that material. This study aims to look at the property of the material toughness using impact test and tensile test. From this test the value of fracture toughness (KIc) is obtained by using a conversion impact test. The test results showed that when compared with non-treated plate, then for the greatest tensile test obtained at a temperature of 850°C, for testing biggest impact is obtained at a temperature of 950°C, and for KIc largest value is obtained at a temperature of 750°C. The influence of temperature resulted in growing strength as compared to the untreated material. Effect of holding time resulting in decreased strength of the material caused by the growing grain diameter and the resulting fine microstructure. However, due to the effect of temperature at 850°C to be impaired toughness and effect of holding time at 850 ° C increased value of toughness, this is caused by the brittle characteristic of the material. Based on all tests, the material at a temperature of 950°C and the material without treatment have strength which meet ASTM standards and have good toughness value according to Llyod’s Register standards

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 671.821 2 Lim a
Uncontrolled Keywords: ASTM A36, Suhu, Holding time, Quenching, uji tarik, uji impak, fracture toughness, temperature, holding time, quenching, tensile test, impact test, fracture toughness
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:17
Last Modified: 27 Dec 2018 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48821

Actions (login required)

View Item View Item