Studi Penurunan Tanah Pada Jembatan Merr II-C Surabaya Dengan Teknologi GPS

Frandik, Achmad (2016) Studi Penurunan Tanah Pada Jembatan Merr II-C Surabaya Dengan Teknologi GPS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3511100049-Undergraduate-Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jembatan MERR II-C atau Jalan Middle East Ring Road IIC (MERR II-C) dibangun sebagai penunjang fungsi sarana transportasi yang cukup besar dan vital bagi kehidupan khususnya daerah Surabaya. Berdasarkan hasil pengujian tanah di daerah sekitar jembatan (sumber: data pengujian tanah di Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan, Jurusan Teknik Sipil, FTSP – ITS, Surabaya), jenis tanah sekitar adalah tanah lempung lunak. Pada tanah lempung lunak, masalah yang akan dijumpai bilamana harus mengkonstruksikan bangunan di atasnya adalah daya dukung tanah yang rendah serta kemampatan tanah yang relatif tinggi (Wirawan,2011). Pada penelitian ini akan dilakukan analisa mengenai penurunan tanah pada daerah sekitar Jembatan MERR II-C, dengan menggunakan metode GPS untuk mendapatkan nilai penurunan tanah di sekitar jembatan. Titik – titik kontrol yang diamati ada 12 titik yang tersebar di area sekitar jembatan. Pengamatan dilakukan 3 kala yaitu pada bulan September, Oktober dan November 2015.Hasil dari pengamatan 3 kala tersebut diperoleh nilai titik yang mengalami penurunan tanah terbesar adalah pada titik 8 sebesar 23 mm dan kenaikan tanah terbesar adalah 4 mm pada titik 4. ==================================================================== MERR II-C bridge or road Middle East Ring Road II-C (MERR II-C) constructed as a support function sizeable transportation and vital to life, especially the area of Surabaya. Based on the results of soil testing in the area around the bridge (source: soil testing data on Soil and Rock Mechanics Laboratory, Department of Civil Engineering, FTSP - ITS, Surabaya), the type of soil surrounding is soft clay. In the soft clay soil, the problem will be found when the need to construct buildings on it are low soil bearing capacity and congestion relatively high ground (Wirawan, 2011). In this study will be an analysis of land subsidence in the area around the bridge MERR II-C, using a GPS to get a reduction in the value of the land around the bridge. Point - the point being observed there are 12 control points scattered in the area around the bridge. Observations were made 3 time is in September, October and November 2015.Output of observations obtained when the point value of land is the biggest decline 23 mm at point 8 and the largest land rise is 4 mm at point 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSG 551.307 Fra s
Uncontrolled Keywords: GPS, Penurunan Tanah, Jembatan MERR II-C, Land Subsidence, MERR II-C Bridge
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G109.5 Global Positioning System
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 12 Sep 2017 06:41
Last Modified: 26 Dec 2018 08:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48835

Actions (login required)

View Item View Item