Perhitungan Teoritik Motor 4 Langkah 1 Silinder Dioperasikan dengan LPG

Mahesa, Ruso (2017) Perhitungan Teoritik Motor 4 Langkah 1 Silinder Dioperasikan dengan LPG. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113030025-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Semakin menipisnya cadangan minyak dunia maka kebutuhan akan pengganti bahan bakar konvensional itu juga semakin meningkat. Dan juga semakin dituntutnya produsen penghasil bahan bakar untuk menekan kualitas dari produknya agar semakin efisien dan ramah lingkungan. Maka suatu solusi alternatife ialah menggunakan bahan bakar LPG ( Liquid Petroleum Gas ) Agar dapat menggunakan bahan bakar LPG, motor bensin harus dimodifikasi. Dengan jalan menambahkan mixer venturi. Dari penelitian sebelumnya mixer yang sesuai adalah mixer venturi. Mixer venturi sebagai mekanisme pencampuran antara udara dan bahan bakar yang diletakkan diantara intake manifold dan karbulator, untuk masuk ke dalam silinder. Dari hasil perhitungan teoritis didapat data bahwa Bahan bakar LPG secara teoritis dengan rpm 3000 memiliki nilai unjuk kerja untuk daya motor sebesar 5299.25 J/S, Bmep sebesar 2119,7 KPa, Torsi sebesar 16,876 Nm, BSFC sebesar 0,000306 kg/Wh. Sedangkan bahan bakar LPG secara actual dengan rmp 3000 memiliki nilai unjuk kerja terbaik dengan daya motor 1062.5 j/s, Bmep dengan nilai sebesar 425 KPa, torsi dengan nilai sebesar 3.35 Nm, dan bsfc sebesar 0.0026 kg/wh ============================================================ The depletion of world oil reserves, the need for replacement of conventional fuels is also increasing. And also getting sued manufacturers producing fuel to push the quality of its products to be more efficient and environmentally friendly. So one solution is to use fuel alternatives LPG (Liquid Petroleum Gas). In order to use LPG fuel, the gasoline engine to be modified. By adding a venturi mixer. From previous studies appropriate mixer is a venturi mixer. Venturi mixer as a mechanism of mixing between air and fuel is placed between the intake manifold and carburetor, to enter into the cylinder. The result of theoretical calculation at 3000 rpm are : generate power 5299.25 J/S, Bmep 2119,7 KPa, torque 16,876 Nm, BSFC 0,000306 kg/Wh. While the result experiment at 3000 rpm are : generate power 1062.5 j/s, Bmep 425 KPa, torque 3.35 Nm, and BSFC 0.0026 kg/wh

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI 621.402 3 Mah p
Uncontrolled Keywords: performance; ventury mixer; LPG fuel; unjuk kerja; mixer ven turi; LPG
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > (D3) Diploma
Depositing User: mahesa ruso
Date Deposited: 09 Jan 2018 04:02
Last Modified: 05 Mar 2019 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48858

Actions (login required)

View Item View Item