Evaluasi Kapasitas Dan Pelayanan Gerbang Tol Waru-Tanjung Perak

Sumantri, Ilham Mustika Aji (2016) Evaluasi Kapasitas Dan Pelayanan Gerbang Tol Waru-Tanjung Perak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3110100048-Undergraduate-Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dari tahun ke tahun pertumbuhan lalu lintas di jalan tol Waru-Tanjung Perak ini meningkat dengan cukup besar sehingga sering terjadi antrian yang panjang pada gerbang-gerbang tol untuk memasuki jalan tol ini terutama pada jam-jam sibuk, kondisi ini masih bisa cukup teratasi karena saluran/gardu pelayanan yang ada masih mencukupi. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat kapasitas dan tingkat kinerja gerbang tol Waru- Tanjung Perak apakah masih memadai untuk melayani pemakainya atau untuk melihat kemampuan pelayanan gerbang tol tersebut. Metode antrian FIFO digunakan untuk menganalisa tingkat kedatangan, tingkat pelayanan, dan panjang antrian yang terjadi. Dari hasil survey didapatkan waktu pelayanan terlama adalah 10 detik/kendaraan. Dari hasil analisa didapatkan panjang antrian terpanjang pada gerbang tol Waru 1 dan Ramp = 19 ,78 m; Waru Utama = 17,53 m; Dupak 3 = 64,89 m. Dari hasil analisis tingkat kedatangan, diketahui tingkat kedatangan pada gerbang tol Waru 1 dan Ramp sebesar 261,83 smp/jam/gardu; pada gerbang tol Waru Utama sebesar 248,86 smp/jam/gardu; pada gerbang tol Dupak 3 sebesar 323,83 smp/jam/gardu. ================================================================= Every year growth of Waru-Tanjung Perak freeway traffic is increased with large enough so that frequent long queues at toll gates to enter this freeway, especially at rush hours, this condition can still be fairly resolved because the channel / substation existing services is still insufficient. It is necessary for research to see the capacities and performance levels of Waru-Tanjung Perak toll gate is still inadequate to serve the consumer or to see the ability to service of the toll gate. FIFO queuing method is used to analyze the arrival rate, service level, and the long of the queues that occur. From the survey results obtained longest service time is 10 sec / vehicle. From the analysis results obtained the longest queue length at Waru 1 dan Ramp toll gate = 19,78 m; Waru Utama = 17,53 m; Dupak 3 = 64,89 m From the analysis of the arrival rate, known arrival rate at Waru 1 dan Ramp toll gate amounted to 261,83 smp / hour / substations; at Waru Utama toll gate amounted to 248,86 smp / hour / substations; at Dupak 3 toll gate amounted to 323,83 smp / hour / substations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Sum e
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, kapasitas dan pelayanan, tol Waru-Tanjung Perak, Evaluation, capacity and services, Waru-Tanjung Perak freeway
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:37
Last Modified: 27 Dec 2018 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48890

Actions (login required)

View Item View Item