Modifikasi Struktur Gedung Menara Nusa Jakarta Dengan Metode Pracetak

Maskur, Kholid (1999) Modifikasi Struktur Gedung Menara Nusa Jakarta Dengan Metode Pracetak. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3192100046 - Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Metode beton pracetak merupakan salah satu alternatif desain konstruksi yang mulai banyak dipergunakan. Pemilihan alternatif desain konstruksi ini sangat tepat dilakukan pada gedung yang memiliki elemen-elemen struktur yang seragam. Dengan penerapan metoda pracetak, penghematan biaya dan waktu konstruksi dapat dilakukan. Penerapan metode beton pracetak pada suatu gedung, selain harus memperhitungkan faktor ekonomi dari aspek-aspek produksi, juga harus memperhitungkan stabilitas transportasi, dan ereksi elemen-elemennya selama proses konstruksi berlangsung. Kekuatan. kekakuan, daktilitas, serta pendetailan sambungan antara elemen-elemen beton pracetak adalah hal yang sangat penting, karena fungsinya tidak hanya mentransfer beban tetapi juga mengembangkan perilaku monolit pada struktur. Untuk Tugas Akhir ini. penulis memlilih sistem pracetak sebagian, yaitu untuk elemen-elemen balok, pelat, dan tangga saja yang dibuat sebagai pracetak Untuk perhltungan gaya gempa digunakan gaya gempa dinamis. DaKtilitas yang digunakan adalah dakhlitas terbatas. Pernttungan penulangan elemen pracetak menggunakan tata cara perhitungan struktur beton seperti pada umumnya, baik untuk penulangan penahan aksial, lentur, geser dan torsi, tetapi juga elemen pracetak harus memperhitungkan adanya tulangan angkat, dan stud-stud penahan gaya geser antara permukaan elemen pracetak dengan topping. Dari berbagat alternattf s1stem sambungan yang ada, maka sistem sambungan basah dan panjang penyaluran merupakan alternatif termudah dalam pelaksanaan dilapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.523 Mas m
Uncontrolled Keywords: none
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:03
Last Modified: 04 Oct 2017 03:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48909

Actions (login required)

View Item View Item