Sistem Negosiasi Untuk Customer To Customer E-Commercemenggunakan Logika Fuzzy

Sumirat, Lambang Probo (2016) Sistem Negosiasi Untuk Customer To Customer E-Commercemenggunakan Logika Fuzzy. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5112202010-Master Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Negosiasi tradisional terjadi tanpa adanya strategi tawar-menawar dan dilakukan oleh satu penjual dan satu pembeli. Demikian pula,aktifitas negoisai pada e-commerce antara customer dengan customer(C2C e-commerce) lain dilakukan secara off-line,di mana ketersediaanlaman hanya bersifat sebagai media iklan penjualan.Pada saat ini belum tersediasistem e-commerce yang menyediakan fasilitas negosiasi jual-beli barang antar penggunanyayang melibatkan banyak penjual maupun banyak pembeli disertai proses tawar-menawar yang terus berlangsung hingga batas harga kedua belah pihak terpenuhi. Sistem tersebut ini tidak dapat diselesaikan menggunakan metode probabilitas atau aritmatika sederhana karenatidak dapat memodelkan fungsi-fungsi nonlinier yang sangat komplek dan toleran terhadap data yang tidak harus presisi. Dalam penelitian ini, sistem negosiasi C2C e-commerce berbasis logika fuzzydikembangkanuntuk memperoleh sharga negosiasi jual-beli yang dilakukan oleh banyak penjual dan banyak pembeli. Dalam proses negosiasi, tingkat penurunan harga pihak penjual dan tingkat kenaikan harga pihak pembeli dipengaruhi oleh strategi masing-masing pihak. Dengan menggunakan aturan dasar “IF kenaikan harga beli sebesar XTHEN harga jual diturunkan sebesar Y” pada pihak penjual dan “IF harga jual diturunkan sebesar Q THEN harga beli dinaikkan sebesar R”, maka tingkat kenaikan dan penurunan harga yang dijadikan sebagai parameter masukan dari sisten negosiasi dapat ditentukan dengan melibatkan fungsi keanggotaan fuzzy yang terdiri dari nilai rendah, sedang, dan tinggi.Dengan menggunakan fungsi defuzzifikasi, harga negosiasi akhri dapat diperoleh dengan mentransformasikan nilai-nilai fuzzy yang diperoleh selama proses negosiasi. Hasil uji coba sistem negosiasi C2C e-commerceyang dikembangkan menunjukkan bahwa sistem negosiasi terlah dapat melakukan fungsi negosiasi sesuai dengan yang diinginkan. Sistem tersebut memungkinkan semua pengguna melakukan transaksi negosiasi secara individual dengan menerapkan strategi jualbeli. Harga negosiasi ditetapkan oleh agen mediator secara otomatis dengan menggunakan logika fuzzy berdasar strategi yang ditentukan oleh pihak penjual dan pihak pembeli. Negosiasi dapat dilakukan dengan mengacu pada konsep banyak penjual dan banyak pembeli, sehingga masing-masing pihak mendapatkan harga negosiasi untuk barang yang sama dengan harga bervariasi =============================================================================================== Traditional negotiations occur without any bargaining strategy and carried out by one seller and one buyer. Similarly, negotiations on e-commerce, negotiations take place between the customer activity with another customer is done off-line, the website merely as an advertising media sales. As of yet there are e-commerce facilities and selling goods negotiations between customers who are able to produce price negotiations and involves many sellers and buyers so that each party get the best prices on the same goods. Bargaining process continues until the limit price of the two sides met. It can not be solved using the method of probability or arithmetic because it can not model non-linear functions are very complex and tolerance for data that is not appropriate. The process of negotiating the acquisition price can be automatically performed by using fuzzy logic This study uses fuzzy logic to obtain price negotiations by implementing the strategy of buying and selling is done by many sellers and many buyers. The negotiation process requires non-linear functions and tolerance data is not the right price. Rate of decline in the price of the seller and the buyer rate of price increase is influenced by the strategy of each party. By using the basic rules "IF increase in the purchase price by X THEN selling price reduced by Y" on the part of the seller and the "IF the price is lowered by Q THEN purchase price increased by R". Inaccuracy of data lies in the rate of increase and decrease in price is used as input parameters. The rate of increase and decrease in the price used to establish a fuzzy set (low, medium, high), then performed defuzzyfication and inference to obtain price negotiations. Negotiation system customer to customer e-commerce can be used by many sellers and many buyers. Each party get the price negotiation varied so that each party get the best prices on goods negotiated. Price negotiations immediately obtained when the buyer states to negotiate.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 381.142 Sum s
Uncontrolled Keywords: customer-to-customer e-commerce, logika fuzzy, sistem negosiasi harga, banyak penjual dan banyak pembeli
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:58
Last Modified: 27 Dec 2018 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48925

Actions (login required)

View Item View Item