Pengembangan Aplikasi Bergerak Pemandu Pengalaman Kultural Dalam Konteks Budaya Jawa

Kurniawan, Rusdi (2016) Pengembangan Aplikasi Bergerak Pemandu Pengalaman Kultural Dalam Konteks Budaya Jawa. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5211100103-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5211100103-Undergraduate Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Industri pariwisata adalah industri yang memiliki potensi
besar dalam meningkatan pendapatan sebuah negara dan
mengurangi angka pengangguran, Salah satu sektor yang
memiliki kontribusi besar terhadap industry pariwisata
adalah pariwisata budaya. Di sini, Uni Eropa mencatat
bahwa 40 persen pariwisata dunia adalah pariwisata dari
sisi budaya. Melihat kondisi tersebut banyak potensi yang
bisa digali untuk mengoptimalkan pariwisata daerah.
Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi besar
sebagai penyedia pariwisata budaya karena keragaman
suku dan budaya.
Salah satu jenis wisatawan budaya yang memiliki potensi
untuk dikembangkan adalah purposeful cultural tourist.
Wisatawan jenis ini adalah wisatawan yang menikmati
budaya dari sisi intelektual. Sekalipun wisatawan jenis ini
memiliki nilai potensial yang besar, namun belum ada
aplikasi yang membantu secara khusus bagi wisatawan
dengan tipe ini.
ii
Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat purwarupa
aplikasi yang dapat membantu meningkatkan pengalaman
belajar budaya bagi wisatawan dengan tipe purposeful
cultural tourist. Sehingga para wisatawan tersebut bisa
mendapatkan pengalaman belajar budaya dengan mudah
dan nyaman. Dengan begitu diharapkan ketika wisatawan
akan datang ke suatu daerah sudah mempunyai pandangan
mengenai budaya yang ada di daerah tersebut.
Aplikasi ini berbasis mobile dengan suasana pasar Pabean
Surabaya dan menggunakan bahasa jawa surabaya,
dengan informasi yang diberikan mengenai budaya jawa
surabaya. Pemilihan bahasa jawa sendiri juga dipilih
karena kemudahan akses masyarakat dan infrastruktur
teknologi informasi. Pasar dipilih karena keragaman dan
interaksi kultur yang bisa dieksplorasi. Tugas akhir ini
bermanfaaat bagi para purposeful cultural tourist sebagai
pemandu pengalaman budaya dan pemerintah dalam
peningkatan jumlah wisatawan.
Aplikasi berbasis mobile karena untuk memudahkan
aksesbilitas, selain itu dengan mobile akan lebih flexible
dibandingkan berbasis web atau desktop. Web mungkin
bisa dikatakan mudah untuk tahap pengembangan ke tahap
selanjutnya, namun disini juga ada pertimbangan masalah
aksesbility, terutama di daerah yang sulit jaringan.
===============================================================================================
Tourism is a potential industry in raising income for a
country and decreasing the number of unemployed people.
One of sectors which has big contribution for tourism
industry is cultural tourism. Here, European Union noted
that 40% of tourism of the world mostly comes from culture.
By seeing this situation, there will be much potential we get
to develop regional tourism. Indonesia is a country with big
potential of cultural potential from its various races and
cultures.
One of cultural tourism which has potential to develop is
purposeful cultural tourist. This kind of tourists prefer to
enjoy culture from its intellectual side. Although these
tourists really have big potential value, however there is still
no supporting applications to help them.
This study aims to make PURWARUPA of application
which is able to raise cultural learning experience for
purposeful cultural tourist. So, those tourists will achieve
more comfortable and easier cultural learning experience.
Then, we hope all of the tourists who will visit some places
have known all about the culture there.
iv
This application is in a form of mobile apps with
background of a situation in Pabean market of Surabaya,
Javanese language, and also completed by information about
Surabaya Javanese culture. We choose Javanese language
because of its easy accessibility and information technology
infrastructure. Market situation is chosen because of its
cultural variety and interaction which can be explored. This
study is necessary for purposeful cultural tourist as a
guidance of cultural experience and government for
increasing the number of tourists’ coming.
This mobile apps is created to make the accessibility easier,
while it will be more flexible than web or desktop. Web is
possibly easy for the next development, yet here we also
consider about the accessibility problem, especially for some
remote areas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.740 Kur p
Uncontrolled Keywords: Budaya Jawa, Aplikasi Bergerak, Pasar, Purposeful Cultural Tourist, Carpooling, Google maps
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:36
Last Modified: 27 Dec 2018 02:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48932

Actions (login required)

View Item View Item