Pengendalian Kualitas Multivariabel Dan Penjadualan Proses Produksi Komponen Frame Farklift Type BX-C Di PT. United Tractors

Kamelia, . (1998) Pengendalian Kualitas Multivariabel Dan Penjadualan Proses Produksi Komponen Frame Farklift Type BX-C Di PT. United Tractors. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1394100008-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan jangka panjang pembangunan ekonomi di Indonesia <tdalah merubah secara fundamental struktur ekonomi Indonesia, sehingga sektor industri menjadi sangat panting agar bisa menjadi tulang punggung ekonomi. Oleh karena itu PT. United Tractors sebagai salah satu industri penghasil forklift type BX-C selalu berusaha memberi kepuasan pada konsumen baik dari segi kualitas maupun dari segi harga. Dengan jaminan kualitas yang bagus dan harga yang relatif lebih rendah PT. United Tractors yakin akan mampu bersaing di dalam dan luar negeri dalam perdagangan forklift. Dari 11 variabel jarak pada proses pembuatan frame forklift bisa disusutkan menjadi 4 faktor, yaitu faktor pertama adalah Iebar fender, Iebar bracket front axle, Iebar frame dan Iebar bracket engine. Faktor kedua terdiri dari Iebar bracket tilt dan jarak float 1. Faktor ketiga terdiri jarak bracket radiator dan jarak bracket mufler. Faktor keempat terdiri dari Iebar V-member, jarak float 2 dan jarak lubang float. Sedangkan untuk 14 variabel pengelasan ternyata juga disusutkan menjadi 4 faktor. Dimana Faktor 1 merupakan bagian pada pes welding 1 yang terdiri dari pengelasan steering bracket. fender, bracket tilt 2, fender bagian atas dan fender bagian bawah. Faktor 2 adalah bagian pada pes welding 2 yang terdiri dari pengelasan bracket lilt 1, plate 1, bracket engine dan float. Bag ian yang dilas pada pes welding 3 berada pad a faktor 3 yaitu bagian rear support, plate 2 dan V-member. Sedangkan faktor 4, yaitu pengelasan plate 3 dan side plate yang dilas pada pos welding 4. Variabel dalam satu faktor tersebut saling terkait baik secara teknik manufaktur maupun secara statistik. Berdasarkan hasil analisa faktor, maka dibuat peta kendall bersama (multivariate) tlap faktor karena variabel dalam satu faktor saling terkait sehingga didapatkan informasi yang benar. Ternyata untuk karakteristik jarak, kondisi proses tidak terkendali pada faktor pertama dan faktor keempat, semua ini disebabkan operator yang kurang terampil dan kualitas bahan baku kurang bagus. Sehingga dibuat peta kendali penyesuaian dengan membuang data yang keluar dari batas kendali. Sedangkan untuk karakteristik pengelasan, kondisi proses tidak terkendall pada faktor pertama. faktor kedua, faktor keempat disebabkan karena mesin las yang sudah aus dan kesalahan operator, sehingga dapat dlbuat peta kendall penyesuaian dengan membuang data yang keluar batas. Dan ternyata semua pela kendall penyesuaian menunjukkan kondisi terkendali. Dari analisis kemampuan proses, maka dapat disimpulkan bahwa proses produksi secara umum kurang baik karena dari 25 variabel yang dlperiksa prosesnya hanya 7 proses saja yang kapabel. Dengan mendapatkan ramalan permintaan frame forklift untuk 6 periode, maka dapat disusun penjadwalan pembelian bahan baku untuk pembuatan frame dengan metode MRP. Sehingga diperoleh informasi kapan harus melakukan pemesanan. Selain itu total incroment cost untuk pembelian semua bahan baku untuk satu frame forklift type BX-C adalah Rp 2476.77, yang sebelumnya sebesar Rp 3050,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Kam p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:46
Last Modified: 17 Oct 2017 08:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48982

Actions (login required)

View Item View Item