Analisis Dan Peningkatan Kualitas Teknologi Informasi Tims (Tower Information Management System) Dengan Menggunakan Metode Service Quality Dan Qfd (Quality Function Deployment) Pada Pt. Xyz

Utami, Yuliana Wahyu Putri (2016) Analisis Dan Peningkatan Kualitas Teknologi Informasi Tims (Tower Information Management System) Dengan Menggunakan Metode Service Quality Dan Qfd (Quality Function Deployment) Pada Pt. Xyz. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113205407-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9113205407-Master Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan tujuan utama dari adanya layanan sistem
informasi yang disediakan oleh sebuah organisasi. Tower Information
Management System (TIMS) adalah sebuah layanan sistem informasi tower yang
digunakan untuk membantu proses bisnis divisi TMG pada PT. XYZ. Dalam
prakteknya banyak permasalahan yang terjadi saat pengoperasian layanan TIMS
seperti lambatnya akses internet, tampilan TIMS yang kurang user friendly,
masalah ketersediaan data yang dibutuhkan serta berbagai permasalahan lainnya.
Penelitian ini mencoba membantu manajemen dalam melakukan
peningkaan kualitas TIMS yaitu dengan melakukan analisis sistem informasi
TIMS. Analisis yang dilakukan menggunakan metode Service Quality (servqual)
dengan lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan
empathy. Analisisservqual dilakukan untuk mendapatkan nilai gap (kesenjangan)
antara harapan dan persepsi pengguna.
Setelah diketahui nilai gap, selanjutnya dilakukan perbaikan kualitas bagi
atribut yang diprioritaskan menggunakan metode Quality Function Deployment
(QFD). Perbaikan atribut-atribut kebutuhan menghasilkan suatu respon teknis
untuk meningkatkan kualitas layanan sistem informasi TIMS. Hasil penelitian
menunjukkan gap untuk 20 atribut bernilai minus dan menghasilkan tiga prioritas
utama rekomendasi perbaikan yaitu membuat pemetaan jaringan yang tepat,
dimana pemetaan jaringan yang tepat akan membantu menyelesaikan masalah
kecepatan dan transfer data. Kemudian meningkatkan infrastruktur jaringan dan
efisiensi script di jaringan (routing jaringan). Tiga prioritas di atas mempengaruhi
kecepatan dan kestabilan dalam transfer data yang dilakukan selama proses
layanan TIMS dioperasikan.
===============================================================================================
User satisfaction is the main objective of the information system services
provide User satisfaction is the main objective of the information system services
provided by an organization. Tower Information Management System (TIMS) is
an information system service tower used to help the business process division of
TMG at PT. XYZ. In practice many problems that occur during operation of
TIMS services such as slow internet access, display TIMS is less user friendly, the
problem of the availability of the required data as well as a variety of other
problems.
This study tried to assist management in making quality peningkaan TIMS is to
perform the analysis of information systems TIMS. Analysis is done using Service
Quality (servqual) with five dimensions that is tangible, reliability,
responsiveness, assurance and empathy. Analisisservqual done to get the value
gap (the gap) between expectations and perceptions of users.
Once known the value gap, further improvement of the quality for attributes that
are prioritized using Quality Function Deployment (QFD). Repair attributes
produce a technical response needs to improve service quality information system
TIMS. The results showed a gap of 20 attributes worth minus three main priorities
and generate recommendations for improvements that make the right network
mapping, where the mapping right network will help solve the problem of speed
and data transfer. Then increase the network infrastructure and the efficiency of
the script in the network (routing network). Three priority above affect the speed
and stability of the data transfer is done during the process of TIMS operated
services.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.575 Uta a
Uncontrolled Keywords: sistem informasi tower, gap, servqual, QFD.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:15
Last Modified: 27 Dec 2018 04:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48985

Actions (login required)

View Item View Item