Analisa Aplikasi Flettner Rotor Pada Offshore Support Vessel Panjang 56 Meter Dengan Metode Cfd

Ilhami, Ondra Penna (2016) Analisa Aplikasi Flettner Rotor Pada Offshore Support Vessel Panjang 56 Meter Dengan Metode Cfd. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100111-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4211100111-Undergraduate Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini dibutuhkan sumber-sumber energi alternatif yang
digunakan untuk menggerakkan kapal yang ramah
lingkungan dan dapat diperbaharui. Salah satu yang dapat
dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti itu
adalah angin. Ada banyak sistem-sistem penggerak kapal
yang memanfaatkan energi angin di laut. Salah satunya
dengan flettner rotor. Alat ini berbentuk silinder, berputar
di atas kapal. Pada tugas akhir ini akan dianalisis aplikasi
flettner rotor pada Offshore Support Vessel (OSV)
panjang 56 meter dengan menggunakan metode CFD
(Computational Fluid Dynamic). Model flettner rotor
dibuat di software CFD, lalu disimulasikan dengan
menentukan beberapa parameter yang di variasikan
seperti kecepatan angin (6m/s, 7m/s, dan 8m/s), rpm (200,
400, dan 800) dan ditambahkan 3 sirip. Hasilnya berupa
gaya dorong yang dapat dimanfaatkan untuk menambah
kecepatan pada kapal. Dari hasil simulasi didapatkan gaya
dorong terbesar dihasilkan ketika kecepatan angin 8m/s
dengan flettner rotor berputar 400 rpm.
===============================================================================================
Alternate and sustainable energy are needed for ships
operation wind energy is one of the considered solutions.
There are many ships propulsion system that using wind
flow in sea. One of the machine to utilize it is flettner it is
flettner rotor. This final project will study flettner rotor
application for offshore support vessel (OSV) with 56
metres length using CFD method. Flettner rotor model
will be simulate on ANSYS Workbench with some
variants, such as wind speed (at 6m/s, 7m/s, 8m/s), rpm
(at 200, 400, 600) with three additional fin. The result will
be thurst force which is use to increase ship’s speed. The
final result show highest thrust force at 8m/s wind speed
with 400 rpm flettner rotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 387.22 Ilh a
Uncontrolled Keywords: Flettner Rotor, Offshore Support Vessel, CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:45
Last Modified: 27 Dec 2018 01:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48999

Actions (login required)

View Item View Item