KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMODERASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

ASMADI, DIDI (2016) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN YANG DIMODERASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL. In: Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXII.

[img]
Preview
Text
2512205204-Paper.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2512205204-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian tujuan utama perusahaan selama ini dilihat dari kemampuan dan pencapaian kinerja karyawan. Pencapaian tersebut tidak hanya melibatkan kecerdasan intelektual semata, tapi juga perlu melibatkan perspektif lain dari kecerdasan yaitu kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Untuk memastikan proses identifikasi dan pengoptimalan potensi kecerdasan tersebut, maka diperlukan peran serta pemimpin sebagai pembuat kebijakan. Peran dan ciri pemimpin yang dimaksud adalah kepemimpinan transformasional. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi kepemimpinan transformasional khususnya pada sektor industri manufaktur. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu angket kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian diperoleh secara parsial kecerdasan emosional dengan kontribusi sebesar 42,5 % dan kecerdasan spriritual dengan kontribusi 47,6 % terbukti memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Untuk kepemimpinan transformasional yang berperan sebagai variabel moderator bukan variabel moderator melainkan sebagai variabel independen karena moderat 1 dan moderat 2 terbukti tidak signifikan. Hal ini berarti kepemimpinan transformasional tidak memberi pengaruh menurunkan atau menaikkan hubungan langsung kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan, akan tetapi secara parsial kepemimpinan transformasional berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: admin admin admin
Date Deposited: 20 May 2016 10:59
Last Modified: 26 Dec 2018 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item