Perencanaan Lokasi Fasilitas Pemberhentian Bis Air

Setyowati, Wulan (2005) Perencanaan Lokasi Fasilitas Pemberhentian Bis Air. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3100100071-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk kota Surabaya setiap tahunnya memberi pengaruh pada meningkatnya mobilitas penduduk, sehingga akan bertambah banyak orang yang perlu melakukan pergerakan transportasi. Oleh karena itu perlu adanya suatu peningkatan dalam perencanaan sistem transportasi kota. Salah satu program yang direncanakan pemerintah kota Surabaya saat ini dalarn meningkatkan k:ualitas transportasi adalah dengan merencanak:an su_at:u angkutan sungai yaitu bis air. Dengan memanfaatkan potensi sungai, bis air dilaksanakan untuk memberi altematif bagi masyarak:at pengguna angk:utan umum guna menjangkau daerah yang dituju. Rute bus air sendiri telah ditentuk:an oleh pemerintah kota yaitu pada sungai besar yang ada di kota Surabaya yang nantinya menghubungk:an wilayah Surabaya (rolak Gunungsari) sampai Gresik (Driyorejo). Dalam Tugas Akhir ini membahas mengenai perencanaan lokasi halte dan fasilitas penunjang pada terminal pemberhentian bis air. Penentuan lokasinya berdasarkan penimbangan-pertimbangan dari peraturan jarak halte, tara guna lahan, angkutan umum yang tersedia, jaringan jalan dan jumlah demand eaton penumpang bis air. Metodologi yang digunak:an adalah pengumpulan data yang dilakukan melalui survei lapangan dan studi literatur. Survei lapangannya yaitu mendata tata guna lahan di sepanjang sungai, traffic counting pengguna tambangan, origin-destination survey pada masyarakat sek:itar sungai. Dengan studi ini dapat diketahui tokasi-lok:asi terminal pemberhentian yang tepat berdasarkan penimbangan-pertimbangan yang telah disusun dan dapat direncanakan layout terminal pemberhentian beserta fasi litas-fasilitas penunjangnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.53 Set p
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:15
Last Modified: 24 Oct 2017 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49027

Actions (login required)

View Item View Item