Analisa Nilai Pasar Gedung Perkantoran Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur (Eks Bank Harapan Sentosa)

Puspitasari, Diah (2003) Analisa Nilai Pasar Gedung Perkantoran Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur (Eks Bank Harapan Sentosa). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3199100051-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Sering kita dengar tentang nilai suatu properti yang dinyatakan dalam suatu angka mata uang: Pada dasamya nilai suatu properti dapat dibentuk, dipelihara dan dirubah oleh beberapa faktor yang mempengaruhi nilai. Gedung merupakan salah satu properti yang benwjud dan memiliki parameter-parameter untuk menentukan ni lai dari properti tersebut. Nilai properti dari setiap gedung tidaklah sama. Nilai tersebut banyak dipengaruhi antara lain: bentuk bangunan, letak bangunan, fasi litas yang dimiliki, utililas, infrastruktur, dan lain-lain. Gedung eks Bank Harapan Semosa yang dibeli pemerintah kabupaten Jember dari proses pelelangan yang diadakan BPPN di Jakarta, direnova· si dan diubah fungsinya menjadi gedung perkantoran yang digunakan oleh instansiinstansi pemerintah kabupaten Jember. Untuk mengetahui nilai pasar gedung tersebut, digunakan metode penilaian dengan dua pendekatan yaitu metode pendekatan biaya dan metode pendekatan pendapatan. Untuk metode pendekatan biaya dihitung dengan menganggap tanah tempat gedung tersebut berdiri sebagai tanah kosong dan dicari nilai pasar tanah dengan menggunakan metode perbandingan data pasar. Sedangkan untuk nilai pasar bangunan, dengan cara menghitung biaya reproduksi baru dengan metode survey kuantitas kemudian dikurangi dengan penyusutan yang dialami gedung. Dari perhitungan tersebut, nilai pasar tanah ditambah dengan nilai pasar bangunan akan menghasilkan nilai pasar ge-dung yaitu sebesar Rp. 12.170.380.000,00. Sedangkan dengan menggunakan me10de pendekatan pendapatan, perhttungannya dilakukan dengan asumsi gedung perkantoran tersebut disewakan untuk umum schingga dapat diketahui besar pendapatan bersih yang diterima, kemudian dibagi dengan tingkat kapitalisasi didapatkan nilai pasar gedung yaitu sebesar Rp.l3.314.493.000,00 Dari perhJtungan metode pendekatan biaya dan metode pendekatan pendapatan, dilakukan rekonsiliasi indikasi nilai properti dengan melakukan pembobotan sehingga diperoleh nilai pasar gedung pemerintah kabupaten Jember Jawa Timur ( eks Bank Harapan Sentosa ) sebesar Rp.12.628.026.000,00( dua belas milyar enam ratus dua puluh delapan juta dua puluh enam ribu rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.523 Pus a
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:57
Last Modified: 25 Oct 2017 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49033

Actions (login required)

View Item View Item