Perbandingan Penggunaan Konstruksi Geomembran (Floating Cover) Dengan Konstruksi Beton Terhadap Biaya Dan Waktu Pada Pembuatan Kolam Limbah PT. Chell Samsung Indonesia Di Kediri Jawa Timur

Adi, Wisnugroho (2005) Perbandingan Penggunaan Konstruksi Geomembran (Floating Cover) Dengan Konstruksi Beton Terhadap Biaya Dan Waktu Pada Pembuatan Kolam Limbah PT. Chell Samsung Indonesia Di Kediri Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3101109505-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

PT Cheil Sam sung Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan limbah sebagai pupuk tanaman pcrtanian, mcrencanakan akan membangun kolam limbah dengan tujuan untuk menampung kelebihan limbah hasil produksi. Oleh karena itu untuk membangw1 kolam limbah diperlukan beberapa altematif konstruksi, yaitu konstruksi beton dan konstruksi geomembran. Konstruksi beton adalah konstruksi yang pada umumnya sudah dikenal dan dilaksanakan di Indonesia, sedangkan konstruksi geomembran adalah tennasuk jenis konstruksi baru yang mcnggunakan matenal geomembran. Dengan adanya dua altematif konstruksi tersebut maka penulis ingin membandingkan antara penggunaan konstruksi beton dengan dua altematif perencanaan dan konsrruksi geomembran dalam pembuatan kolam limbah, sehingga dapat dtpthh konstruksi mana yang akan dipakai. Langkah kelja yang akan dilakukan dalam Tugas Akhir 1m dtmulat dari pengumpulan data dati PT Cheil Samsung Indone>•a cabang Pasuruan. setelah nu dilakukan perhitungan biaya untuk masmgmasing altematif konstrukst. Dari hasil anahsa dtdapat bahwa bila kolam limbah memakai konstruksi beton altematif pertama memerlukan bta)a sebesar Rp 2.347.348.633 dan altematif kedua memerlukan btaya sebesar Rp 1.782.484. 736, sedangkan untuk konstruksi geomembran altematif 3 memerlukan biaya sebesar Rp 641.661.130 sehmgga biaya yang dtbutuhkan untuk konstruks• beton altematif 2 lebih mahal sebesar Rp 1.140.868.600 dtbanding dengan konstruksi geomembran altematif 3. Jadi untuk pembuatan kolam limbah tersebut lebih tepat menggunakan konstruksi geomembran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 692.5 Adi p
Uncontrolled Keywords: beton, geomembran
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:26
Last Modified: 30 Oct 2017 02:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49049

Actions (login required)

View Item View Item