Perancangan Struktur Komposit Gedung Parkir Pasaraya Blok-M Jakarta

Putra, Imam Kelana (2001) Perancangan Struktur Komposit Gedung Parkir Pasaraya Blok-M Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3198109524-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Gedung Parkir Pasaraya Blok-M ini sebelumnya merupakan gedung semi permanen berlantai 4 sebagai tempat parkir dengan bahan struktur utamanya adalah baja. Seiring dengan waktu, kebutuhan lahan parkir yang semakin mendesak sehingga gedung parkir ini direncanakan untuk ditingkatkan kapasitas daya tampung parkirnya menjadi 9 Jantai. Dalam Tugas Akhir ini, Gedung dimodifikasi menjadi 8 lantai dan langsung direncanakan tanpa memperhitungkan struktur yang telah bet'Ciiri sebelumnya. Gedung parkir bertingkat semakin banyak dibangun sebagai suatu alternatif tempat parkir bagi pengguna gedung. Pemilihan ini disebabkan lahan yang semakin sempit dan mahal di dacrah-daerah pusat perkantoran dan perbelanjaan, dan di satu sisi akan membawa konsekuensi mahalnya biaya pembangunan gedung. Suatu struktur yang baik harus memenuhi kriteria pokok kekuatan, kemudahan pelaksanaan serta ekonomis. Tugas Akhir ini dibatasi hanya pada kriteria kekuatan (desain struktur) saja. Desain meliputi desain struktur utama yang terdiri dari : desain tangga, rangka a tap, pelat lantai pratekan, balok, kolom komposit, dan pondasi. Apapun konsep desain vang digunakan, suatu struktur harus mempunyai cadangan kekuatan terhadap kelebihan beban yang tidak terduga atau estimasi yang kurang akurat alas kemampuan strul.:tur. Struktur bangunan ini direncanakan menggunakan kosep desain kekuatan batas (ulfimnte strength). di mana suatu elemen struktur direncanakan sampai keadaan batas yang beratii kondisi di mana suatu struktur berhenti memenuhi fungsi yang diharapkannya (leleh atau patah) dengan memberikan faktor beban dan faktor resistensi kepada kekuatan elemen yang sama atau lebih kecil daripada 1. Dengan konsep ini struktur dircncanakan akan berperilaku plastis. faktor beban dan resistensi ditentukan secara probabilistik terhadap kemungkinan-kemungkinan yang mungkin letjadi pada struktur, konsep desain ini biasa disebul sebagai /,oad m1d Resistance Factor Design. Konsep desain ini dalam beberapa talmn mulai mcnggeser konsep desain tegangan kerja {a//ownb/c stress design).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.538 Put p
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:33
Last Modified: 30 Oct 2017 03:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49052

Actions (login required)

View Item View Item