Modifikasi Perancangan Struktur Gedung Hotel Pasific Balikpapan (Kalimantan Timur) Dengan Sistem Pracetak Dan Balok Pratekan Berdasarkan SNI 03-2847-2002 Dan SNI 03-1726-2002

Maryani, Dwi (2005) Modifikasi Perancangan Struktur Gedung Hotel Pasific Balikpapan (Kalimantan Timur) Dengan Sistem Pracetak Dan Balok Pratekan Berdasarkan SNI 03-2847-2002 Dan SNI 03-1726-2002. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3101100062-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview

Abstract

Pemilihan altematif desain konstruksi dengan sistem pracetak sangat tcpat dilakukan terhadap gedung yang banyak memiliki elemen-elemen struktur yang seragam, sedangkan sistem balok pratekan biasanya dil,•\makan agar mernperoleh ruangan yang luas bebas halangan tanpa ada kolom-kolom ditengahnya. Dalarn tugas akhir ini akan digunakan gedung Hotel Pasific Balikpapan sebagai model pencrapan sistem pracetak pada balok induk dan pelat lantai I sampai lantai 5 karena bentuknya yang typikal dan balok pratekan pada lantai 6 karena akan digunakan sebagai ruang pcncmuan yang luas tanpa ada kolom-kolom ditengahnya. S1stem struktur yang digunakan adalah Ordmary Momen Reststmg Frame. Sistem lantai menggunakan pracetak ditambah toppmg, sedangkan untuk tangga dicor setempat dengan perletakan sendi pada balok bordes dan balok lantai. Untuk perhitungan gaya gempa digunakan analisa statik ekivalen. Untuk sistcm sambungan yang dipilih adalah sistem sambungan basah dan panjang penyaluran dengan penimbangan kemudahan pclaksanaan. Pada balok pratckannya mcnggunakan sistem pasca tarik (posttensionmg). Secara keseluruhan struktur direncanakan dengan menggunakan tingkat daktilitas parsial. Penerapan sistem pracetak pada suatu gedung, selain harus memperhitungkan fa!..1or ekonomi, transportasi dan pcndirian juga perlu dijarnin stabilitasnya setama proses konstruksi itu berlangsung. Khusus untuk balok pratekan, perencanaan d1dasarkan pada metode pelaksanaan di lapangan dengan mempertimbangkan kekuatan dan perilaku komponen struktur pada tahap yang kritis sejak saat prategangan d1bcnkan. Keh1langan pratekan merupakan faktor yang penting, sebab dapat men~:,>urangi kekuatan balok pratekan dan struktur secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.85 Mar m
Uncontrolled Keywords: sistem pracetak; balok pratekan; perencanaan struktur
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:08
Last Modified: 30 Oct 2017 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49054

Actions (login required)

View Item View Item