Optimasi Gradasi Copper Slag Sebagai Agregat Halus Untuk Mendapatkan Beton Mutu Tinggi

Sarasanty, Diah (2004) Optimasi Gradasi Copper Slag Sebagai Agregat Halus Untuk Mendapatkan Beton Mutu Tinggi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3101109609-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pcnelauan mi dtmaksudkan untuk memanfaatkan kembali limbah industri peleburan tembaga agar tidak mengotori lingkungan dan bahkan bisa bemilai komersial. Fokusnya adalah optunasi gradas• copper slag sebagai bahan pengganu agrcgat halus untu~ mendapat~an be10n mutu tinggi. Penelitian copper slag sebagai material substitusi agregat balus telah dilakukan oleh Hwang dan Laiw. (1989). yang menyimpulkan bahwa pemakaian copper slag dapat mcnggantikan fine aggregate sebanyak 60 % dengan kenaikan kuat tekan ± 20 % (Proceedings. Third lnternat'ional Conference, Trondheim. Norway, (1989)). Scdangkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Aulia, Kandar, Triwulan, dan Mudji, ( 1999) , adalah optimum pad a penggantian fine agregate sebesar 40 % dengan kenaikan kuat tckan :" I 0 % Pada penelitian ini kami mencoba mengaplikasikan copper slag scbagat material penggantt agregat halus dengan prosentase 40 % yang men goptimasikan pad a gradasi copper slag untuk mendapatkao bet on mum tinggi. Kombmasi yang dtbuat yaitu kombinasi I, 2. 3. 4, dan 5 dengan batas daerah gradasi menunn standard ASTM C 33- 93 dan Zone 2 BS 882 : 1965. Pada penehtian mi. penama-tama dilakukan persiapan material, penguJian material, dan pengujian beton Adapun pengetesan beton yang dilakukan adalah res bcton segar yang melipuu temperatur hidrasi. setting time. dan tes betoo keras yang mchpuu kuat tekan. porosuas beton. sena ultrasonic. Selain kadar copper slag, vanable lainnya yairu fak1or air semen tetap dan hma umur pengujian. Dari penelitian tersebut dtdapatkan pada kombinasi 2 gradasi copper slag - pasir yang mampu mcningkatkan kuat tckan betOn dtbandmgkan variasi yang lain. Selain itu carnpuran be10n dengan J..ombmasi 2 mampu men~'\.lrangi porosnas yang teJjadi pada betOn. mempercepat w~'tll senmg ume, meningkatkan temperatur ludrast. sena meningkatkan kecepatan getaran yang bcran1 pula menmgkatkan kuat tekan betOn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 691.3 Sar o
Uncontrolled Keywords: agregat, beton. copper slag. kuat tekan, panas temperatur hidrasi, porositas. setting time; ultrasonic.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:05
Last Modified: 01 Nov 2017 06:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49062

Actions (login required)

View Item View Item