Analisis Statistika Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Produksi Semen Di PT. Semen Gresik Serta Menduga Fungsi Produksinya

Novita, Firstia (1999) Analisis Statistika Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Produksi Semen Di PT. Semen Gresik Serta Menduga Fungsi Produksinya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1395030037-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Karena pengaruh tekanan inflasi, beberapa rencana pembangunan proyek Pemerintah di bidang sarana dan prasarana dibatalkan atau ditunda pelaksanaannya, sementara proyek swastapun tertunda. Konsumsi tahun 1997 yang semula diperkirakan akan meningkat di atas 10% dari tahun 1996, dalam kenyataannya hanya meningkat 7, 9% . Keadaan 1n1 pad a tahun 1998 berkembang lebih berat. Dengan demikian persaingan di dalam negeri a kan semakin ketat, sehingga eetiap produ11en akan mencari peluang untuk e kspor guna menyalurkan kapasitas produksinya. Oleh karena i t u pihak perusahaan harus pi ntar-pintar dalam menggunakan fa ktor- faktor produks i nya , untuk mencapai tujuan itu diperlukan suatu alat yang dapat di gunakan untuk menganalisis produksi . Dari uraian di atas, pene l i t ian ini dilakukan guna mendapatkan model untuk menduga f ungsi produksi semen Gresik. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terjadi kasus multikolinearitas pada kedua metode yang digunakan (OLS dan Cobb-Douglas). Untuk mengatasi kasus tersebut digunakan dua metode yaitu PeA dan Ridge Regression, lalu kemudian kedua metode tersebut dibandingkan. Setelah d1lakukan anal1s1s ternyata metode analisis komponen utama adalah yang terbaik, baik untuk model OLS maupun untuk model Cobb-Douglas. Kemudian kam1 membandingkan lagi antara model OLS dan CobbDouglas, ternyata model yang terbaik adalah model CobbDouglas. Model vang di dapat adalah : " y- 276,995 oc.xlx,x. )0·-x.···»x.o·•nx.,•-w.x.•···~·-06/l Diperolen kesitnpulan bahwa fungsi pcoduksi dipengaruh1 oleh bahan baku semen yaitu batu kapur, tanah liat, pasir besi, pas1c siliko, don gypsum, biaya pemakaian listrik, bioya pemakaian bahan bakar, upah/gaji pegawai dan biaya produksi. Dimana variabel bahan baku batu kapuc, tanah liat, pasir besi dan pasir silika merupakan s atu s atuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 4 Nov a
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (D3) Diploma
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:31
Last Modified: 03 Nov 2017 07:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49080

Actions (login required)

View Item View Item