Eksplorasi Data Mahasiswa Program S-1 Statistika ITS Berdasarkan Gender Dengan Pendekatan Biplot Dan Multidimensional Scaling

Lestari, Nur Azizah (2002) Eksplorasi Data Mahasiswa Program S-1 Statistika ITS Berdasarkan Gender Dengan Pendekatan Biplot Dan Multidimensional Scaling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1398100044-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pengambilan kcputusan tentang sistem yang akan ditcrapkan di jurusan Stalisuka haru~ berdasarkan fakla-fakta yang ada, diantaranya kondisi mahasis"a i1u sendm ~eJak dilcrima sebagai mahasiswa baru sampai saat ini. Oleh karena ilu dalam penchlian im mgm dikclahUJ bagatmana karal..1eristik dari mahasiswa dan mahastS\\t dt jurusan Statisttl.. dihhat dari prestasinya di SMU yang ditunjukkan dari nilai mata pclajaran F.BTANAS. scrta prestasinya di jurusan S1atistik yang ditunjukkan dari mlat mata kuliah dan indeks pres1asi kumulatifnya. Untuk melihat ada tidaknya pengelompokan berdasarkan karaktcristil.. 1ersebut bisa dianalisa dengan metode Multidimensional Scaling. Pcnclitian ini juga ditujukan untuk menelaah hubungan antara mata pclajaran di SMU dengan mala kuliah maupun indeks prestasi kumulatif mahasiswa da lam angkatan mahasiswa yang dibedakan atas gendemya dengan metodc Biplot. Pcnclitian ini dilnkukan tcrhadap mahasiswa S-1 Statistika untuk angkatan 1998, 1999, dan 2000. llasil dari pcnclittan ini menunjukkan bahwa: I.Otlihat dari prcstasinya dt SMU karakteristik mahasiswa S-1 Statistika dapat dikelompokkan mcnjadi dua Kelompok pcrtama yaitu kclompok yang mcmpunyai nilai llng!,'l pada mata pelajaran PPKn dan Kimia yaitu mahasiswa dan mahastswt angkatan 1998 dan 2000. sedangkan kelompok kedua yaitu ke1ompok )ang unggul pada mata pclajaran Bahasa lnggris dan Matematika yaitu mahasiswa dan mahasis"i angkatan 1999 1 c1ap1 jtka dthhat dari preslasinya di jurusan Statistik. mahasiswa dan mahastS\\ i angl.atan 1999 dan 2000 mcmpunyai kcmampuan yang hampir sama dalam mcmahami mala kuliah yang diajarkan eli semester I, 2, dan 3, scdangl..an l.aral..lenstik mahastswa dan mahasiswi angkatan 1998 yaitu kemampuan dalam mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu kornputer lebih baik. 2. Dan analisa Biplol yang di lakukan dapat diketahui bahwa: - Secara garis bcsar angl..a1an mahasiswa di jurusan Statistika dapat dikelompokkan mcnjadi tiga 1-.elompok. Kclompok pertama yai tu angkatan mahasiswa yang mcmpunyai nilai variabel tinggi dalam prestasi di j urusan Stati stika yaitu mahasiswa dan mahasiswi angkatan 1999, kclornpok kedua yaitu angkatan rnahasiswa yang mcmpunyai nilai vuriabel tinggi dalam prestasi di SMU yai tu mahasiswa dan mahasis'' i angJ..atan 1998, sedangkan kclompok ketiga yaitu angkatan mahasiswa yang mcmpunyat nila1 variabcl baik prestasi di jurusan Statistika maupun prcstasi di SMU dtantara kclompok pertama dan kedua yaitu mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2000. - tidak ada pola yang tcratur antara mata pclajaran di SMU dengan prestasi mahasiswa di jurusan Statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Les e
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2017 08:00
Last Modified: 06 Nov 2017 08:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49085

Actions (login required)

View Item View Item