Studi Tentang Komunikasi Radio Ruang Tertutup Untuk Pabrik-Pabrik Di Masa Depan

Djuwari, . (1997) Studi Tentang Komunikasi Radio Ruang Tertutup Untuk Pabrik-Pabrik Di Masa Depan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2292100134-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Adanya tuntutan otomatisasi pabrik membutuhkan komunikasi yang andal antara komputer pengontrol dengan peralatan pabrik yang dikontrol. Komunikasi yang ada saat ini adalah dengan menggunakan kabel yang memiliki kekurangan antara lain kerumitan pemasangan I instalasi, kesulitan pengembangan jaringan, perlunya pengaturan letak kabel untuk menjaga keindahan, kesulitan perawatan, terbatasnya band,\idth operasi dan lain-lain. Hal ini memberikan tantangan penggunaan gelombang radio sebagai media komunikasi. Untuk implementasi kana! radio ruang tertutup untuk pabrik khususnya diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai propagasi gelombang radio dalam pabrik. lni disebabkan lingkungan radio pabrik yang berbeda dengan lingkungan propagasi radio ruang bebas pada umumnya yang dipengaruhi antara Jain oleh bahan konstruksi bangunan, umur pabrik, peralatan-peralatan dalam pabrik dan bentuk pabrik yang umumnya berupa daerah terbuka yang sangat luas tanpa penyckatan. Pengukuran-pengukuran propagasi radio dalam pabrik dilakukan dengan tujuan mengetahui karakteristik propagasi radio dalam pabrik yang antara lain meliputi fading, redaman, pengaruh pembayangan, noise dan interferensi untuk pemakai jamak. Kana! pabrik dibagi ke dalam empat topografi yaitu LOS light clutter, LOS heavy clutter, OBS light clutter dan OBS heavy clutter. Dari pengukuran didapatkan bahwa path loss tergantung pada lingkungan sekitar dan mempunyai distribusi log-normal, fading sesaat berdistribusi rician, dan fading skala kecil yang disebabkan gerakan penerima terdistribusi Rayleigh. Kemudian dibuat juga model statistik kana! radio dalam pabrik beserta parameter-parameter pentingnya. Performance dari kana! radio dalam pabrik diukur dengan SIN (BER untuk digital) dan rms delay spread, yang dari penguk.'llran didapatkan berharga antara 30 sampai 300 ns. Kemudian diberikan beberapa teknik optimasi kana! radio pabrik antara lain teknik antena terdistribusi yang mampu menekan harga rms delay spread, optimum combining yang mampu menaikkan kapasitas kana! atau menekan jumlah penginterferensi, dan beberapa pertimbangan pemakaian teknik multiple access yang pemakaiannya tergantung pada jumlah pemakai, selang waktu transmisi, batas kecanggihan masing-masing terminal, dan perlunya pengontrolan sepenuh waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 11 Dju s
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:12
Last Modified: 09 Nov 2017 08:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49101

Actions (login required)

View Item View Item