Perencanaan Dan Pembuatan Program Komputer Untuk Pengukuran Kuat Medan

Yulianto, Iwan (1996) Perencanaan Dan Pembuatan Program Komputer Untuk Pengukuran Kuat Medan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2892201284-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi dengan menggunakan gelombang radio berkembang dengan pesat di Indonesia Sejalan dengan perkembangan tersebut. maka setiap stasiun pemancar daruntut mempunyai kualiw layanan yang tinggi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas layanan adalah level lruat medan yang dapat diterima oleh penenma pada daerah cakupan dari pemancar tersebut. Level kuat medan yang diterima oleh penerirna sangat berganrung sekali pada rambatan propagasi gelombang radio yang dikirimkan dari stasiun pemancar Oleh karena itu untuk mengetahui besar level kuat medan pada suatu titik dalam daerah cakupan dilakukan pcngukuran pada titik tersebut. Dengan pengukuran dapat diperoleh data kuat medan sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada.Pada tugas akhir ini dibuat suatu program komputer untuk pengukuran kuat mednn. Dalam program ini diperlukan suatu level meter sebagai pcnerima yang digunakan untuk mcngul.-ur secara langsung level daya yang diterima, kemudian secara serial, data level daya tersebut dikirim ke komputer untuk dihitung kuat medannya Dengan berbagai keterbatasan, program yang dibuat masih mempunyai banyak kelemahan di berbagai segi. Seperti misalnya pada proses pengesetan frekuensi pada level meter dan proses pemindahan data dari level meter ke komputer tidak dapat dikontrol dari komputer, hal tersebut dikarenakan level meter tidak dapat diprogram secara langsung dari komputer. Disarnping iru ada beberapa keuntungan yang d1dapat dari program , yaitu ditampilkannya peta lokasi pengukuran, sehingga dengan segera dapat diketahui plot kuat medannya serta luas daerah cakupan dati suatu pemancar. Dengan ditampilkannya peta lokasi pengulruran. maka dapat diketahui pula daerah mana yang belum atau masib perlu dilakukan pengukuran latp, sehingga data pengukuruan semakin lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 11 Yul p
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2017 07:25
Last Modified: 29 Nov 2017 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49125

Actions (login required)

View Item View Item