Penyesuaian Model Regresi Logistik Dan Model Regresi Logistik Yang Dihaluskan Pada Analisa Prognosi Penderita Demam Berdarah Dengue

Sujatmiko, Irwan (2001) Penyesuaian Model Regresi Logistik Dan Model Regresi Logistik Yang Dihaluskan Pada Analisa Prognosi Penderita Demam Berdarah Dengue. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1395100014-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jika hubungan antara logit mean respon dengan predil..iomyajauh dari bentuk linear maka perlu dipertimbangkan bahwa penyesuaian model dengan menggunakan prediktor model hnear masih belum tepat. Sehingga tidak dapat meringkas dengan tetap seperti gans lurus, karena hal tersebut dapat menyebabkan jurnlah kuadrat residual yang semakin besar dan ketepatan model dengan data menjadi jauh. Demam berdarah dengue merupakan suatu penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena morbiditasnya tinggi dan bila penderita datang berobat dalam keadaan syok (renjatan) mempunyai resiko kegawatan yang tinggi dan akibatnya mortalitasnya ting~:.>i. Keterlambatan penanganan terhadap penderita demam berdarah dengue dapat menyebabkan penyakit ini menjadi gawat. Kegawatan teljadi karena kebocoran plasma keluar dari saluran pembuluh darah menuju ke jaringan tubuh disekitamya terutarna yang beronggga. Hasil penelitian di Rumah Sakit menunjukan bahwa terdapat beberapa kasus penderita demam berdarah dengue ringan dapat berubah keadaan klinisnya menjadi gawat, terutama penderita yang datang dengan menunjukan manifestasi klinis kesadaran yang menurun, panas yang tinggi, kejang dan bcraknya berwama hitam. Pada penelitian ini akan dilakukan penyesuaian analisis faktor-faktor prognostik demam berdarah dengue dengan mcnggunakan regresi logistik. Dilanjutkan dengan menerapkan penggunaan regresi logistik additive dcngan penaksiran fungsi penghalusan dengan menggunakan penghalus kubik spline (cubic spline smoothers). Dari kedua metoda tersebut akan menjelaskan kelebihan regresi logistik dengan penghalusan kubik spline. Hasil penelitianini mcnunjukan bahwa regresi logistik setiap keterlambatan penderita yang ingin mendapatkan perawatan di rumah sakit sebesar satu unit bari maka resiko untuk menjadi status kegawatan berat naik sebesar I ,4 kali. Sedang.kan pada regresi logistik additive, variabel yang signifikan nonlinear nonparametrik variabel umur, ternyata penderita yang berurnur kurang dari 4 tahun memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan resiko secara cepat dan menjadi gawat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Suj p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Ansi Aflacha
Date Deposited: 10 Jan 2018 02:05
Last Modified: 10 Jan 2018 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49207

Actions (login required)

View Item View Item